Bendera AS di Konsulat Chengdu Sudah Diturunkan

Foto ini diambil pada 18 September 2012, menunjukkan seorang polisi paramiliter Cina memberi isyarat kepada para fotografer di pintu masuk ke konsulat AS di Chengdu, provinsi Sichuan di Cina barat daya. (GOH Chai Hin / AFP)

Beijing, MINA – (AS) di  konsulatnya di kota di Cina barat daya telah diturunkan pada Senin pagi (27/7), media pemerintah melaporkan.

Langkah itu dilakukan setelah Cina memberi AS waktu beberapa hari untuk meninggalkan gedung itu sebagai tanggapan atas perintah AS agar Beijing menutup konsulatnya di Houston, Negara Bagian Texas.

Penyiar negara Cina CGTN mengatakan, bendera diturunkan di gedung itu sekitar pukul 6:18 pagi waktu setempat pada Senin. Kantor berita Reuters melaporkan batas waktu bagi orang Amerika untuk pergi adalah pukul 10:00, demikian dikutip dari Al Jazeera.

Penutupan konsulat merupakan eskalasi tajam dari hubungan yang memburuk antara kedua negara, yang sudah rusak oleh perselisihan tentang perdagangan dan teknologi, pandemi COVID-19, klaim teritorial Cina di Laut Cina Selatan dan undang-undang keamanan baru di Hong Kong.

Batas waktu bagi orang Amerika untuk keluar dari Chengdu tidak jelas, tetapi konsulat Cina di Houston diberikan 72 jam untuk ditutup setelah perintah awal dibuat. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)