Bendungan PLTA di Ukraina Selatan Jebol, 600 Rumah Terdampak

Bendungan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Nova Kakhovskaya di Wilayah Ukraina Selatan. (Dok. Wikipedia)

Kherson, MINA – Bendungan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Wilayah Ukraina Selatan, yang terletak di hulu Sungai Dnepr dari kota Kherson jebol, mengakibatkan sedikitnya , Selasa pagi (6/6).

Kabar ini diungkapkan seorang pejabat setempat dan beberapa video yang dibagikan di media sosial yang menenggelamkan 600 rumah di wilayah selatan Ukraina akibat terdampak banjir bandang, sekitar 22.000 orang dari 80 kota terdampak.

“Bagian atas infrastruktur utama hancur akibat perperangan Rusia vs Ukrania, warga terpaksa mengungsi untuk mencegah timbulnya korban jiwa,” ungkap Wali Kota Novaya Kakhovka , Vladimir Leontyev melalui vidio di Telegram, Aljazera melaporkan, demikian yang dikutip MINA.

Baca Juga:  OKI Serukan Penghentian Genosida Israel terhadap Warga Palestina

Bendungan tersebut dilaporkan rusak sekitar pukul 03.00 waktu setempat. Satu video yang diambil dari drone telah beredar di Telegram, yang dimaksudkan untuk menunjukkan akibatnya dengan aliran air yang mengalir melalui celah tersebut.

Dari cuplikan video yang beredar di media sosial menunjukkan air melonjak melalui sisa-sisa tanggul usai meledak. Tak berselang lama ketinggian air itu naik beberapa meter hanya dalam hitungan jam.

Tak hanya itu, akibat ledakan yang menyebabkan jebolnya jembatan Nova kini ruang mesin di dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air Kakhovka hancur total.

“Air terus meningkat. Evakuasi warga sipil dari zona banjir yang berdekatan sedang dilakukan untuk menyelamatkan semua nyawa. Tidak ada kepanikan di kota ini,” kata Leontyev.

Baca Juga:  UNRWA Tolak Tinggalkan Rafah

Belum diketahui apa penyebab dari jebolnya bendungan ini, baik Rusia dan Ukraina sejauh ini saling tuduh mengenai pihak yang bertanggung jawab atas peristiwa jebolnya bendungan Nova Kakhovka di Kherson.

Pembangkit Listrik Tenaga Air Kakhovka adalah pembangkit listrik aliran sungai di Sungai Dnieper di Nova Kakhovka, Ukraina. Kakhovka adalah kota pelabuhan yang terletak di tepi selatan. Selain sebagai pembangkit listrik, bendungan itu juga berfungsi sebagai irigasi dan navigasi sungai.(R/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.