Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berbeda Idul Fitri, Silaturrahim Tetap Terjaga

Ali Farkhan Tsani - Sabtu, 22 April 2023 - 18:24 WIB

Sabtu, 22 April 2023 - 18:24 WIB

3 Views

Oleh : Ali Farkhan Tsani Redaktur Senior Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency)

Berbeda dengan hari raya Idul Fitri sudah lama sering terjadi. Namun itu semua tidak meretakkan tali silatrrahim di antara kaum Muslimin.

Tentu karena memang Idul Fitri itu identik dengan silaturahmi, menyambung kembali tali persaudaraan yang sudah lama tak bersua, mengikat yang lama terputus oleh masa, dan menghubungkan yang sudah begitu lama renggang karena rasa yang berbeda.

Tawa dan canda, bersalam dan tegur sapa, mudik bernostalgia, menjadi momen-momen yang tak terlupakan pada liburan hari aya.

Baca Juga: Mengapa Ada Orang Pintar Tapi Kelakuannya Tidak Baik?

Segala khilaf dan salah, keliru dan amarah, melebur dalam senyum dan kata-kata “Mohon Maaf Lahir dan Batin Minal Aidin wal Faizin”.

Tanpa mengurangi makna bersilaturahim saling mengunjungi, ucapan pun marak terkirim melalui media sosial, terutama di grup-grup sosmed.

bagaimanapun, dengan silaturrahim walau tak harus bertemu, akan tetap terjaga persaudaraan, tumbuh keberkahan dan menambah rezki berkelanjutan.

Tentang keutamaan silaturrahim ini, disebutkan di dalam Al-Quran :

Baca Juga: Mengambil Ibrah dari Kisah Nabi Nuh ‘Alaihissalam (Bagian II)

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِادَةٍ وَخَلَقَ مِنْوه وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَاَلُونَ بِهِ وَالْأ َّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya : “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An-Nisa [4]: 1).

Di dalam hadits disebutkan :

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Baca Juga: Mengambil Ibrah dari Kisah Nabi Nuh ‘Alaihissalam (Bagian I)

Artinya: “Siapa saja yang ingin diluaskan rezkinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali persaudaraan” (HR Bukhari dan Muslim).

Hadits ini, dilapangkan rezekinya, maknanya rezkinya diperbanyak, dan penuh dengan keberkahan.

Adapun dipanjangkan umurnya, bermakna diluaskan keberkahan usianya, dan diberi kemampuan untuk melakukan ketaatan, dan diberi kemudahan untuk dapat melalui masa hidupnya dengan hal-hal yang bermanfaat baginya, di dunia dan akhirat.

Semoga ikatan silaturahim tetap terjaga di tengah perbedaan hari Idul Fitri dan perbedaan-perbedaan lainnya. (A/RS2/P1 )

Baca Juga: Yuk Miliki Tujuh Amalan Hati

Kantor Berita Mi’raj (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Kolom
Kolom
Kolom
Khadijah
Khadijah
Kolom
MINA Sport
MINA Sport
Tausiyah
Internasional