Berpuasa Fasilitas Akhirat (Oleh: Ustadz Bachtiar Nasir)

KH Bachtiar Nasir,Lc.,MM., Pemimpin Pesantren Ar-Rahman Qurโ€™anic College (AQC)

KARENA rahmat dan kasih sayang Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala yang begitu besar kepada hamba-hamba-Nya, Allah selalu menyediakan momen-momen khusus bagi mereka untuk dapat kembali kepada Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala. Memperbanyak amal kebajikan dengan menjanjikan pahala yang berlipat ganda untuk setiap amal pada saat momen-momen tersebut agar para hamba itu menjadikan momen itu sebagai momentum dan berlomba-lomba memanfaatkan momentum tersebut.

ุนูŽู†ู’ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ู„ูŽู…ูŽุฉูŽ ุงู„ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑููŠู‘ู ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ุฅูู†ู‘ูŽ ู„ูุฑูŽุจู‘ููƒูู…ู’ ูููŠ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ุฏูŽู‡ู’ุฑููƒูู…ู’ ู†ูŽููŽุญูŽุงุชูŒ ุŒ ููŽุชูŽุนูŽุฑู‘ูŽุถููˆุง ู„ูŽู‡ู ุŒ ู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุตููŠุจูŽูƒูู…ู’ ู†ูŽูู’ุญูŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุŒ ููŽู„ุง ุชูŽุดู’ู‚ูŽูˆู’ู†ูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูŽุง ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง

Dari Muhammad bin Maslamah al-Anshari, ia berkata, โ€œRasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: โ€œSesungguhnya bagi Tuhan kalian di hari-hari sepanjang tahun kalian ada nafahat (tiupan), maka mendekatlah kepada-Nya, boleh jadi tiupan itu akan mengenaimu, sehingga kalian tidak akan pernah celaka selamanya. (Riwayat Thabrani).

Di antara momen-momen khusus yang Allah sediakan itu adalah bulan-bulan haram (Muharram, Dzulhijjah, Dzulqaโ€™dah dan Rajab), 10 hari awal bulan Dzulhijjah dan termasuk juga bulan Ramadhan ini. Dalam momen-momem ini, Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala memudahkan hamba-Nya untuk beribadah dan menjanjikan pahala yang begitu besar dibandingkan dengan waktu lain.

Bulan Ramadhan merupakan salah satu nikmat yang sangat agung yang diberikan Allah Taโ€™ala kepada umat Islam. Oleh karena itu, sebagai umat Islam kita harus bersyukur atas nikmat itu dengan cara mempergunakan kesempatan yang sangat mahal dan sangat ditunggu-tunggu oleh setiap jiwa yang beriman ini dengan sebaik-baiknya.

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ูƒูู„ู‘ู ุนูŽู…ูŽู„ู ุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ูŠูุถูŽุงุนูŽูู ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู ุนูŽุดู’ุฑู ุฃูŽู…ู’ุซูŽุงู„ูู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุณูŽุจู’ุนู…ูุงุฆูŽุฉ ุถูุนู’ูู ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ : ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ุตู‘ูŽูˆู’ู…ูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ููŠ ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุฌู’ุฒููŠ ุจูู‡ู ุŒ ูŠูŽุฏูŽุนู ุดูŽู‡ู’ูˆูŽุชูŽู‡ู ูˆูŽุทูŽุนูŽุงู…ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฌู’ู„ููŠ ุŒ ู„ูู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ููŽุฑู’ุญูŽุชูŽุงู†ู : ููŽุฑู’ุญูŽุฉูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ููุทู’ุฑูู‡ู ุŒ ูˆูŽููŽุฑู’ุญูŽุฉูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ู„ูู‚ูŽุงุกู ุฑูŽุจู‘ูู‡ู ุŒ ูˆูŽู„ูŽุฎูู„ููˆูู ูููŠู‡ู ุฃูŽุทู’ูŠูŽุจู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฑููŠุญู ุงู„ู’ู…ูุณู’ูƒู

Dari Abu Hurairah ra. ia berkata, โ€œRasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: โ€œSetiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala berfirman: โ€œKecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanannya karena-Ku. Bagi orang yang akan mendapatkan dua kegembiraan yaitu kegembiraa ketika dia berbuka dan kegembiraan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.โ€ (Riwayat Bukhari dan Muslim).

Bahkan untuk memotivasikan kita, Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam menjelaskan segala kemudahan dan keutamaan bulan Ramadhan ini agar betul-betul kita tidak menyia-nyiakan terbaik yang Allah Taโ€™ala sediakan.

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุŒ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุตููู‘ูุฏูŽุชู ุงู„ุดู‘ูŽูŠูŽุงุทููŠู†ู ุŒ ูˆูŽู…ูŽุฑูŽุฏูŽุฉู ุงู„ู’ุฌูู†ู‘ู ุŒ ูˆูŽุบูู„ู‘ูู‚ูŽุชู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ุŒ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠููู’ุชูŽุญู’ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุจูŽุงุจูŒ ุŒ ูˆูŽููุชูุญูŽุชู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุŒ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุบู’ู„ูŽู‚ู’ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุจูŽุงุจูŒ ุŒ ูˆูŽู†ูŽุงุฏูŽู‰ ู…ูู†ูŽุงุฏู ูŠูŽุง ุจูŽุงุบููŠูŽ ุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑู ุฃูŽู‚ู’ุจูู„ู’ ุŒ ูˆูŽูŠูŽุง ุจูŽุงุบููŠูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุฑู‘ู ุฃูŽู‚ู’ุตูุฑู’ ุŒ ูˆูŽู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุนูุชูŽู‚ูŽุงุกู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ุŒ ูˆูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ูููŠ ูƒูู„ู‘ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู

Abu Hurairah meriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam beliau bersabda: โ€œJika malam pertama Ramadhan datang, maka setan-setan, dan jin-jin pembangkang dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan tidak ada satu pintunya pun yang terbuka, pintu-pintu surga dibuka dan tidak ada satu pintu pun yang ditutup. Lalu ada suara yang menyeru, โ€Wahai pencari kebaikan! Sambutlah, wahai pencari kejelekan! berhentilah.โ€ Allah memiliki hamba-hamba yang dimerdekakan dari neraka. Dan demikian itu pada setiap malam.โ€ (Riwayat Tirmizi dan Ibnu Majah).

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุŒ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฅูุฐูŽุง ุฌูŽุงุกูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ู ุŒ ููุชู‘ูุญูŽุชู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ูˆูŽุบูู„ู‘ูู‚ูŽุชู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ุŒ ูˆูŽุตููู‘ูุฏูŽุชู ุงู„ุดู‘ูŽูŠูŽุงุทููŠู†ู

Abu Hurairah ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: โ€œJika datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para syaitan dibelenggu.โ€ (Riwayat Bukhari dan Muslim).

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุŒ ุฃูŽู†ู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุŒ ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ุŒ ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุŒ ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจูู‡ู

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda: โ€œBarangsiapa yang menghidupkan malam bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.โ€ (Riwayat Bukhari dan Muslim).

Karena mengenal dan mengetahui keutamaan dan keistimewaan Ramadhan itulah, para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜alaihi wasallam begitu merindukan kedatangan Ramadhan agar mereka dapat meraih semua janji dan tawaran fasilitas yang Allah sediakan pada bulan Ramadhan yang tidak terdapat pada bulan-bulan lain. Mereka tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan yang Allah SWT. berikan. Maโ€™la Bin Fadhal berkata: โ€œDulu Sahabat Rasul Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam berdoa kepada Allah sejak enam bulan sebelum masuk Ramadhan agar Allah sampaikan umur mereka ke bulan yang penuh berkah itu. Para Sahabat Berdoa: Ya Allah, sampaikanlah aku ke bulan Ramadhan dalam keadaan selamat. Ya Allah, selamatkan aku saat Ramadhan dan selamatkan amal ibadahku didalamnya sehingga menjadi amal yang diterima.

Tentunya semua keutamaan dan fasilitas itu tidak dapat diraih kecuali dengan meluruskan niat hanya untuk Allah Taโ€™ala dan tekad yang bulat untuk mempergunakan kesempatan Ramadhan yang diberikan dengan sebaiknya-baiknya. Sebagaimana Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜alaihi wasallam dan sahabatnya merindukan Ramadhan karena ingin beramal dan beribadah total di bulan suci itu, bukan karena yang lainnya.

Semoga kita termasuk yang bisa memanfaatkan segala fasilitas yang Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala sediakan bagi kita di bulan Ramadhan ini sehingga kita mendapatkan janji Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala bagi hamba-hamba-Nya yang bertaqwa. Aamiin. (AK/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.