Bersama Para Pemimpin ASEAN, Presiden Jokowi Tandatangani Deklarasi Hadapi Bencana

Vientiane, 7 Dzulhijjah 1437/7 September 2016 (MINA) – Dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-28 dan ke-29 di NCC, Vientiane, Laos, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bersama para pemimpin negara-negara ASEAN lainnya, Selasa sore, menandatangani kesepakatan ASEAN dalam menghadapi bencana alam.

Acara yang bertajuk ASEAN Declaration on One ASEAN, One Response: ASEAN Responding to Disaster as One in the Region and Outside Region tersebut, menjadi penanda komitmen para kepala negara dan pemerintahan di ASEAN dalam menangani bencana.

Berdasarkan rilis resmi Kementerian Luar Negeri RI, pada acara yang berlangsung singkat tersebut, para kepala negara dan pemerintahan yang hadir, naik ke atas podium untuk menandatangani kesepakatan bersama yang kemudian disera hkan kepada tuan rumah Laos yang sekarang mendapat giliran memimpin ASEAN.

Seusai acara penandatanganan, para kepala negara dan pemerintahan di ASEAN menuju ruang pertemuan nomor 3 untuk melanjutkan agenda dengan bertemu perwakilan ASEAN Inter Parliament Assembly (IPA).

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan para pemimpin negara  ASEAN lainnya melanjutkan agenda pertemuan dengan perwakilan pemuda dan ASEAN Business Advisory Council (ABAC).

Agenda Presiden Jokowi hari ini diakhir dengan makan malam kenegaraan atau welcoming dinner yang akan dilaksanakan di Don Chan Palace, Vientiane, Laos.

Dalam pertemuan KTT ASEAN ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menko Polhukam Wiranto, Menlu Retno Marsudi, Mendag Enggartiasto Lukito, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.(T/P008/P2)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)