Bertemu di Lebanon, Pemimpin Hizbullah dan Hamas

Beirut, MINA – Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah mengadakan pembicaraan Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh pada Ahad (9/4), di tengah ketegangan umat Islam dengan tentara Israel di Yerusalem Timur yang diduduki.

Kekerasan meningkat di seluruh wilayah Palestina setelah pasukan Israel pekan lalu, secara paksa mengeluarkan jamaah dari dalam kompleks . Serangan Israel ke masjid tersebut memicu tembakan roket dari Jalur Gaza dan , dan Israel membalas dengan serangan udara dan artileri.

Sebuah pernyataan Hizbullah mengatakan, Nasrallah dan Haniyeh membahas perkembangan Palestina terkini. “Terutama terkait peristiwa di Masjid Al-Aqsa, dan meningkatnya perlawanan di Tepi Barat dan Jalur Gaza.”

Pembicaraan tersebut juga menyinggung perkembangan politik regional dan “kesiapan poros perlawanan dan kerja sama partai-partai dalam menghadapi semua peristiwa dan perkembangan ini,” tambah pernyataan itu seperti dilansir Anadolu Agency.

Poros perlawanan adalah aliansi anti-Israel di seluruh wilayah yang terdiri dari kelompok-kelompok yang didukung Iran, termasuk rezim Suriah, Hizbullah, Hamas, dan kelompok Jihad Islam.

Haniyeh tiba di Lebanon pada Rabu (5/4) lalu, untuk kunjungan yang bertepatan dengan meningkatnya kekerasan di wilayah Palestina yang diduduki. (T/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.