Bertemu Gubernur DKI Jakarta, Wali Nangroe Aceh Bicarakan Kerja Sama

Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia (PYM) Malik Mahmud Al-Haythar. (Foto: Zamzami Ali/Kilikkabar.com)

Banda , MINA – Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia (PYM) Al-Haythar menghadiri undangan Duta Besar Amerika Serikat (AS).

Undangan tersebut dalam rangka merayakan kemerdekaan ke-243 tahun AS pada 4 Juli 2019, The 243rd Anniversary of Independence of United States of America.

Acara dilaksanakan di kediaman Duta Besar AS di At The Ambassador’s Residence, kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat teras Indonesia.

Terlihat sejumlah tamu penting antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Jendral (Purn) Wiranto, Prof Muhammad Quraish Shihab, Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia H.E. Abdurrahman Mohammad Fachir, Direktur Jenderal Urusan Amerika dan Eropa H.E. Muhammad Anshor, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Tn. Cecep Herawan, dan Gubernur Anies Baswedan.

Dengan Gubernur DKI Jakarta, Malik Mahmud membicarakan kerja sama promosi sejarah, budaya dan pariwisata Aceh dengan Pemerintah DKI Jakarta.

“Pembicaraan tersebut disambut baik oleh Gubernur DKI Jakarta. Rencananya, akan ada pertemuan lanjutan antara Lembaga Wali Nanggroe dengan Gubernur DKI Jakarta dalam waktu dekat ini,” ujar Wali Nanggore, Jumat (5/7).

Duta Besar Amerika Joseph R. Donovan Jr menjelaskan, musim panas lalu, ketika Menteri Luar Negeri Indonesia dan AS, Retno LP Marsudi dan Mike Pompeo bertemu di Indonesia, mereka berbicara tentang pentingnya tonggak peringatan 70 tahun hubungan Indonesia – AS.

Dari diskusi tersebut, kata dia, muncullah moto untuk tahun ini, yakni “Merayakan Keberagaman, Kemitraan, dan Kemakmuran” dan ide-ide untuk program yang AS umumkan hari ini.

“Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim Kemlu, khususnya desk America dan kelompok Diplomasi Publik, karena telah bekerja begitu keras dengan Tim 70 Kedutaan Besar AS untuk mengembangkan kegiatan yang berarti untuk memperingati ulang tahun yang penting ini,” ujar dia.

Selain merayakan kemerdekaan Amerika Serikat, acara itu juga merayakan 70 tahun hubungan Indonesia dan Amerika Serikat. (L/AP/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.