Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Biaya Kesehatan di Indonesia Tertinggi di ASEAN

Widi Kusnadi Editor : Rana Setiawan - 24 detik yang lalu

24 detik yang lalu

0 Views

Jakarta, MINA – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga think tank Indonesia Financial Group (IFG) mengungkap bahwa biaya pendidikan di Indonesia paling tinggi di antara negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN).

Senior Research IFG Ibrahim Kholilul Rohman mengungkap, biaya kesehatan Indonesia pada 2023 tumbuh 13,6% atau lebih tinggi dibandingkan pada sebelumnya sebesar 12,3%.

Masyarakat Indonesia akan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi untuk urusan kesehatan karena fenomena tingkat inflasi kesehatan Indonesia yang sedang menunjukkan tren kenaikan.

Ibrahim menyebut, kenaikan tersebut merupakan yang paling tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga di kawasan ASEAN, bahkan tercatat lebih tinggi secara rata-rata global.

Baca Juga: Kemendikbudristek Terbitkan Peraturan Menteri terkait Profesi Dosen

Kondisi ini akan berdampak pada meningkatnya nilai klaim kesehatan, sehingga industri asuransi kesehatan perlu menerapkan pengelolaan risiko yang prudent sejalan dengan nilai klaim yang berpotensi meningkat.

Di Indonesia, porsi biaya kesehatan yang ditanggung pemerintah sebesar 59%, sedangkan yang harus ditanggung sendiri oleh masyarakat sekitar 27%.

Karena itu, kondisi tingginya inflasi kesehatan perlu mendapat perhatian semua pihak karena berdampak kurang menyenangkan, baik bagi pemerintah dan juga masyarakat. []

 

Baca Juga: Ketua UAR Abah Encep: Penghargaan Bukan Tujuan

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina
Dunia Islam
Palestina
Indonesia
Internasional
Indonesia
Internasional