Biden Janji Desak Solusi Dua Negara dalam Konflik Israel-Palestina

Wakil presiden AS Joe Biden (kiri) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kanan) di kompleks kepresidenan di Ramallah, Tepi Barat, 9 Maret 2016. (Debbie Hill, Pool via AP)

Washinton, MINA – Presiden AS Joe Biden saat memulihkan bantuan keuangan untuk Palestina, pada Rabu (7/4), berjanji untuk mendesak solusi dua negara dalam konflik Israel-Palestina. 

Dalam panggilan telepon dengan Raja Yordania Abdullah II, sekutu lama AS, Biden “menegaskan bahwa Amerika Serikat mendukung solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina,” kata sebuah pernyataan Gedung Putih, Times of Israel melaporkan.

Biden telah lama berjanji untuk mengembalikan gagasan dua negara ke pusat kebijakan AS, menyusul perubahan dramatis di bawah  Presiden Donald Trump sebelumnya.

Departemen Luar Negeri mengatakan, Amerika Serikat akan menyumbang $ 150 juta kepada badan PBB (UNRWA) dan menawarkan $ 75 juta dalam bantuan ekonomi dan pembangunan untuk Tepi Barat dan Gaza, serta $ 10 juta untuk upaya pembangunan perdamaian.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan bahwa bantuan AS untuk Palestina “melayani kepentingan dan nilai penting AS” sebagai “cara untuk maju menuju solusi dua negara yang dinegosiasikan.” (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)