Biden Luncurkan Inisiatif Infrastruktur Negara-negara Berkembang pada Pertemuan G7

Cornwall, MINA – Pada pertemuan para pemimpin ekonomi top dunia, Presiden AS pada hari Sabtu (12/6)) meluncurkan inisiatif infrastruktur untuk negara-negara berkembang.

Kemitraan Build Back Better World (B3W), yang diperkenalkan pada KTT di Cornwall, Inggris, dimaksudkan untuk menjadi penyeimbang bagi Inisiatif “Sabuk dan Jalan” China, Anadolu melaporkan.

B3W akan didanai oleh negara-negara G7, dan selain meningkatkan infrastruktur, juga akan mendorong kemajuan di bidang kesehatan, teknologi, iklim, dan kesetaraan gender.

Sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan inisiatif B3W akan memberikan “kemitraan infrastruktur transparan untuk membantu mempersempit $40 triliun yang dibutuhkan oleh negara-negara berkembang pada tahun 2035.”

Biden bertemu dengan para pemimpin G7 pada Sabtu, dan melakukan perjalanan ke London pada hari Ahad (13/6) untuk bertemu Ratu sebelum menuju ke Brussels untuk pertemuan puncak NATO.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyambut lebih banyak pemimpin dunia yang tiba di KTT untuk melakukan pembicaraan: Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dan Scott Morrison dari Australia. Perdana Menteri India Narendra Modi akan ambil bagian melalui konferensi video.

Pandemi, perubahan iklim, tantangan dunia

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga tiba di Cornwall pada Sabtu (12/6).

Seorang juru bicara Downing Street mengatakan tentang pertemuan Johnson dengan Guterres: “Perdana menteri memberikan dukungannya kepada visi sekretaris Guterres untuk PBB yang lebih terintegrasi dan menegaskan kembali dukungan Inggris untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa yang kuat dan bergabung dengan aksi global pada isu-isu seperti kesiapsiagaan pandemi dan perubahan iklim.

“Dia juga menyambut baik keputusan Majelis Kesehatan Dunia untuk membahas perjanjian tentang kesiapsiagaan pandemi akhir tahun ini. Perdana menteri dan sekretaris jenderal sepakat tentang perlunya dukungan universal dari G7 untuk memajukan ini.

“Para pemimpin membahas rencana KTT COP26 yang diselenggarakan Inggris akhir tahun ini. Mereka menyepakati perlunya negara-negara untuk meningkatkan dan membuat komitmen ambisius untuk mengurangi emisi karbon dan menghentikan penggunaan batu bara,” ujar juru bicara itu.

“Mereka membahas sejumlah masalah internasional termasuk situasi di Yaman, Suriah dan Libya, proses perdamaian Siprus, perlunya kembalinya demokrasi di Myanmar dan Afghanistan,” ungkapnya.

Sir Patrick Vallance, kepala penasihat Inggris, juga melaporkan kepada para pemimpin G7 tentang rencananya untuk tanggapan cepat terhadap pandemi di masa depan.

“Hari ini saya akan menyajikan laporan Misi 100 Hari kepada para pemimpin # G7 yang merekomendasikan bagaimana dunia dapat mengembangkan dan menyebarkan diagnostik, terapi, dan vaksin dalam 100 hari dari ancaman pandemi. Ini adalah target yang ambisius tetapi yang akan menyelamatkan banyak nyawa di masa depan,” ujarnya melalui tweeter sebelum pidatonya di KTT.

Pada rangkaian acara itu juga menyerukan negara-negara G7 untuk berbuat lebih banyak dalam mengatasi krisis iklim, dan yang lainnya bagi mereka untuk berbuat lebih banyak pada krisis Tigray di Ethiopia. (T/R7/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.