Biden: Pentagon Akan Tinjau Posisi AS terhadap China

Washington, MINA – Presiden mengatakan, militer AS sedang melakukan peninjauan komprehensif atas posisi strategisnya terhadap China, ujarnya dalam kunjungan pertamanya ke Departemen Pertahanan, pada Rabu (10/2).

Biden mengumumkan, ketika ketegangan antara Washington dan Beijing meningkat pekan ini karena latihan angkatan laut AS di Laut China Selatan.

Gugus tugas China yang baru akan dibentuk di Pentagon “untuk melihat strategi dan konsep operasional kami, teknologi dan posisi kekuatan”.

“Kita perlu memenuhi tantangan yang semakin besar yang ditimbulkan oleh China dan menjaga perdamaian serta mempertahankan kepentingan kita di Indo-Pasifik dan global,” kata Biden, yang didampingi Wakil Presiden Kamala Harris  dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin.

Satgas akan terdiri dari 15 pejabat sipil dan militer, yang belum disebutkan namanya, dan akan dipimpin oleh Ely Ratner, mantan penasihat keamanan nasional untuk Biden yang ditugaskan ke staf Austin, menurut lembar fakta departemen pertahanan.

“Ini akan membutuhkan upaya seluruh pemerintah, kerja sama di Kongres dan aliansi dan kemitraan yang kuat. Begitulah cara kami menghadapi tantangan China dan memastikan rakyat AS memenangkan persaingan di masa depan,” lanjut Biden.

Sejak menjabat pada 20 Januari, Biden dan timnya telah menempatkan penekanan baru dalam mengatasi tantangan strategis AS dari persaingan dengan China. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.