Biden Ucapkan Selamat Ramadhan, Mengaku “Prihatin” terhadap Warga Palestina

Presiden AS Joe Bidan dan istri (foto: VoA)

New York, MINA – Menjelang hadirnya bulan suci 1445 H, Presiden Serikat (AS), dan istrinya, Jill Biden memberikan ucapan selamat Ramadhan bagi umat Islam di seluruh dunia, Ahad (10/3).

“Jill dan saya menyampaikan selamat dan doa kepada muslim di seantero negeri dan seluruh dunia,” kata Biden dalam sebuah pernyataan tertulis, mengutip VOA pada Selasa (12/3).

Pernyataan selamat Ramadhan itu dibarengi dengan ucapan “keprihatinan” atas di Jalur Gaza yang membunuh puluhan ribu nyawa manusia.

“Lebih dari 30.000 warga Palestina telah tewas, sebagian besarnya warga sipil, termasuk ribuan anak-anak,” tulis Biden.

“Sebagiannya adalah keluarga warga Muslim Amerika, yang sedang amat berduka atas kepergian orang terkasih mereka saat ini,” sambungnya.

Biden kemudian berjanji bahwa AS akan terus memimpin upaya internasional untuk membawa masuk bantuan kemanusiaan ke Gaza dengan berbagai cara, baik melalui darat, udara maupun laut.

Sebelum menutup ucapan selamat Ramadhan itu, Biden mengatakan bahwa pemerintahannya sedang mengembangkan strategi nasional untuk Mengatasi Islamofobia dan diskriminasi menyusul naiknya kasus kekerasan berdasar kebencian di AS.

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) kembali memveto resolusi PBB yang didukung Arab yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza, Selasa (20/2).

Veto itu adalah yang ketiga kalinya dilakukan AS sejak dimulainya serangan militer Israel di daerah kantong Palestina, setelah serangan lintas batas pejuang Hamas pada 7 Oktober 2023 di Israel selatan.

Utusan Palestina untuk PBB Riyad Mansour menyebut tindakan tersebut “gegabah dan berbahaya.”

Israel melanjutkan serangan gencarnya di Jalur Gaza di mana setidaknya 31.045 warga Palestina telah terbunuh, sebagian besar korban adalah wanita dan anak-anak, dan sedikitnya 72.654 orang terluka sejak 7 Oktober, menurut otoritas kesehatan Palestina. (R/Ai/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.