Bijak Menyikapi Musibah

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Daโ€™i Pesantren Al-Fatah Bogor, Jawa Barat

beragam jenis dan waktunya. Kadang tidak kita duga sebelumnya. Seperti calon jamaah umrah yang saat ini tertunda karena larangan sementara Arab Saudi, sebab pencegahan masuknya virus corona.

Lalu, timbullah amarah, emosi jiwa, mengapa dilarang? Ini khan mau ibadah, sudah keluar biaya puluhan juta, sudah pamitan, slametan di kampung. Uang yang dikumpulkan bertahun-tahun, bahkan mungkin ada yang harus jual tanah, emas, atau malah ditambah hutang.

Sama seperti kasus terbawa arusnya siswa-siswi sebuah SLTP di sungai deras musim penghujan beberapa hari lalu. Hingga ada beberapa yang meninggal. Lalu marah-marah, ini gara-gara guru pembina, coba kemarin tidak usah susur sungai, coba seandainya tidak jadi. Atau banjir yang menenggelamkan barang-barang berharga di rumah. Coba begini, coba begitu.

Timbullah anda-andai lainnya, hingga seolah melupakan takdir Allah, ketentuan Allah lah yang berlaku. Bagi Allah semua serba mungkin dan semua bsia saja terjadi. Di luar prediksi manusia sekalipun.

Apa yang sudah terjadi, itulah qadarullah, ketentuan Allah, sudah tercatat di Lauhul Mahfudz, tak seorangpun bisa menghalanginya. Nangis darah sekalipun.

Sikap bijak terbaik adalah, kembalikan kepada Allah Sang Maha Kuasa Allah yang mengatur segala alam semesta. Itu semua juga hakikatnya adalah kesabaran kita, seperti Allah sebutkan di dalam ayat-Nya:

ูˆูŽู„ูŽู†ูŽุจู’ู„ููˆูŽู†ู‘ูŽูƒูู…ู’ ุจูุดูŽูŠู’ุกู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽูˆู’ูู ูˆูŽุงู„ู’ุฌููˆู’ุนู ูˆูŽู†ูŽู‚ู’ุตู ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ู ูˆูŽุงู’ู„ุฃูŽู†ู’ููุณู ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽู…ูŽุฑูŽุงุชู ูˆูŽุจูŽุดู‘ูุฑู ุงู„ุตู‘ูŽุงุจูุฑููŠู’ู†ูŽ

Artinya : โ€œDan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang .โ€ (QS Al-Baqarah [2] : 155).

Ayat ini adalah pemberitaan dari Allah kepada orang-orang beriman, bahwa Allah akan menguji mereka dengan perkara-perkara supaya Allah mengetahui siapa orang-orang yang sabar.

Orang beriman tentu akan bersabar tatkala ditimpa musibah, yakni tetap dalam taat kepada Alah, bahkan semakin mendekat kepada Allah, memperbanyak beristighfar. Serta merendahkan diri serendah-rendahnya di hadapan Sang Pencipta. Bahwa tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah, โ€œLaa haula walaa quwwata illaa billaahil โ€˜aliyyil โ€˜adzimโ€.

Maka, sikap terbaik bagi kaum Mukminin tatkala mendapatkan musibah adalah apa yang disebutkan pada ayat berikutnya:

ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ู†ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽุตูŽุงุจูŽุชู’ู‡ูู…ู’ ู…ูุตููŠุจูŽุฉูŒ ู‚ูŽุงู„ููˆุง ุฅูู†ู‘ูŽุง ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽุง ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฑูŽุงุฌูุนููˆู’ู†ูŽ. ุฃููˆู„ูŽุฆููƒูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุตูŽู„ูŽูˆูŽุงุชูŒ ู…ูู†ู’ ุฑูŽุจู‘ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉูŒ ูˆูŽุฃููˆู„ูŽุฆููƒูŽ ู‡ูู…ู ุงู„ู’ู…ูู‡ู’ุชูŽุฏููˆู’ู†ูŽ

Artinya : โ€œ(orang-orang yang sabar yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan: โ€˜Inna lillahi wa inna ilaihi rajiโ€™un.โ€™ (Sesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kami kepada-Nya kami kembali). Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.โ€ (Al-Baqarah [2] : 155-157).

Inilah yang disebut dengan ucapan Istirjaโ€™ yaitu ucapan:

ุฅูู†ู‘ูŽุง ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽุง ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽ ุฑูŽุงุฌูุนููˆู’ู†ูŽ

Artinya : โ€œSesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kepada-Nya kami kembali.โ€

Pada ayat lain Allah menyatakan:

ู…ูŽุง ุฃูŽุตูŽุงุจูŽ ู…ูู†ู’ ู…ูุตููŠู’ุจูŽุฉู ูููŠ ุงู’ู„ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽู„ุงูŽ ูููŠ ุฃูŽู†ู’ููุณููƒูู…ู’ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูููŠ ูƒูุชูŽุงุจู ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ู ุฃูŽู†ู’ ู†ูŽุจู’ุฑูŽุฃูŽู‡ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ูŠูŽุณููŠู’ุฑูŒ. ู„ููƒูŽูŠู’ ู„ุงูŽ ุชูŽุฃู’ุณูŽูˆู’ุง ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ููŽุงุชูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽูู’ุฑูŽุญููˆุง ุจูู…ูŽุง ุกูŽุงุชูŽุงูƒูู…ู’ ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูุญูุจู‘ู ูƒูู„ู‘ูŽ ู…ูุฎู’ุชูŽุงู„ู ููŽุฎููˆู’ุฑู

Artinya : โ€œTiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.โ€ (QS Al-Hadid [57]: 22-23).

Justru dengan adanya musibahd an ujian itu, Allah bermaksud menghapus dosa-dosa kita, seperti disebutkan di dalam hadits Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam :

ู…ูŽุง ูŠูŽุฒูŽุงู„ู ุงู„ู’ุจูŽู„ุงูŽุกู ุจูุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽุฉู ูููŠ ุฌูŽุณูŽุฏูู‡ู ูˆูŽู…ูŽุงู„ูู‡ู ูˆูŽูˆูŽู„ูŽุฏูู‡ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽู…ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฎูŽุทููŠู’ุฆูŽุฉูŒ

Artinya : โ€œSenantiasa cobaan menimpa seorang mukmin dan mukminah pada tubuhnya, harta dan anaknya, sehingga ia berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak memiliki dosa.โ€ (HR Ahmad dan At-Tirmidzi).

Jangan kita terlalu bersedih, berduka, atau nestapa berkepanjangan tiada tara. Yakinkan diri dan mantapkan hati bahwa semua atas kehendak-Nya. Menunjukkan betapa dhaโ€™ifnya diri ini dan betapa Mahakuasanya Ilahi Robbi.

Semua kita jadikan sebagai pembelajaran dan perintah Allah, agar kita lebih meyakini Kekuassaan Allah, meningkatkan ketawakkalan hanya kepada-Nya, dan menjauhi sifat kesombongan sekecil apapun dalam diri. (T/RS2/P1)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.