Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

BKSAP Agendakan Aksi “Parlemen Indonesia untuk Palestina” pada 1 Desember

Arina Islami Editor : Widi Kusnadi - 1 menit yang lalu

1 menit yang lalu

4 Views

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Mardani Ali Sera. (Foto: DPR RI)

Jakarta, MINA – Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Mardani Ali Sera mengungkapkan agenda terdekatnya, yakni aksi solidaritas untuk Palestina yang akan diselenggarakan pada 1 Desember 2024 dengan nama “Parlemen Indonesia untuk Palestina.”

“BKSAP akan mengadakan (semacam) BKSAP atau Parlemen Indonesia untuk Palestina, kebetulan 29 November itu Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina. Tapi kita lakukannya di 1 Desember, karena 1 Desember itu Ahad, jadinya memudahkan,” ucap Mardani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (24/10).

Secara umum, kata dia, kegiatan solidaritas ini merupakan pesta rakyat di mana nantinya akan ada bazar UMKM dan panggung untuk Palestina. Selain itu, nantinya akan ada kegiatan fun run atau juga fun bike.

“Nah semuanya dalam rangka menyosialisasikan kebijakan dari pemerintah, dari kebijakan DPR yang sangat mendukung kemerdekaan Palestina,” ujarnya.

Baca Juga: BNPB: 321 KK Terdampak Banjir di Mamuju, Sulawesi Barat

Mardani mengatakan, selain melalui kegiatan aksi solidaritas tersebut, keberpihakan DPR RI terhadap kemerdekaan Palestina juga akan terus digaungkan oleh BKSAP DPR melalui forum-forum internasional. Serta terus mendorong kemerdekaan Palestina dalam hubungan luar negeri Indonesia, baik bilateral maupun multilateral.

“Isu Palestina menjadi salah satu isu yang selalu kita angkat, karena memang kondisinya sangat mengenaskan, sangat menyedihkan. Dan ini menjadi utang bangsa Indonesia pada Palestina yang merupakan di antara negara yang pertama yang mengakui kemerdekaan kita,” tutur Mardani.

Untuk memulai kerjanya, sambung Mardani, BKSAP DPR RI dalam waktu dekat ini juga akan melakukan Forum Group Discussion (FGD) untuk pembekalan dan penajaman sejumlah isu strategis yang akan diangkat, seperti isu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), isu perubahan iklim, isu perempuan, dan isu kemiskinan.

“Di banyak isu itu kita akan dalami, nah nanti ada prioritas yang akan kita tetapkan, sehingga kita sebagai second track diplomasi bisa betul-betul mendukung first track diplomasi yang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri,” ucap dia.

Baca Juga: Dubes Iran Serukan Persatuan untuk Lawan Kejahatan Zionis Israel

Adapun pembagian bidang pada Wakil Ketua BKSAP DPR RI, yaitu Wakil Ketua Kerja Sama Internasional dari Fraksi PDIP Irine Yusiana Roba Putri, Wakil Ketua Kerja Sama Regional dari Fraksi Partai Golkar Ravindra Airlangga.

Lalu Wakil Ketua Kerja Sama Bilateral dari Partai Gerindra Muhammad Husein Fadlulloh, dan Wakil Ketua Kerja Sama Kunjungan Individu dari Fraksi Partai Demokrat Bramantyo Suwondo.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Kedubes Iran di Jakarta Gelar Konferensi Internasional Al-Qur’an

Rekomendasi untuk Anda