Blinken Tiba di Tel Aviv, Desak Pengurangan Kekerasan

Tel Aviv, MINA – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendarat di Tel Aviv pada Senin (30/1) menjelang pembicaraan yang mendesak pengurangan kekerasan yang telah berkobar dalam konflik Israel-Palestina.

Diplomat tinggi Washington itu tiba di Israel pada putaran kedua tur Timur Tengahnya, setelah bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi dan menteri luar negeri negara itu di Kairo, Arab News melaporkan.

Dalam konferensi pers di Kairo pada hari Senin, Blinken mendesak semua pihak untuk menenangkan keadaan dan mengurangi ketegangan. Dia juga menekankan pentingnya bekerja untuk solusi dua negara.

Dalam pertumpahan darah terbaru, pasukan Israel membunuh seorang pengemudi Palestina di Tepi Barat pada Senin, kata para pejabat di kedua belah pihak, dengan tentara mengatakan, mobil itu menabrak kaki seorang tentara sebelum melaju kencang.

Sejak awal tahun, konflik Israel-Palestina telah merenggut nyawa 35 orang dewasa dan anak-anak Palestina – termasuk penyerang, pejuang, dan warga sipil.

Selama periode yang sama enam warga sipil Israel, termasuk seorang anak, dan satu warga sipil Ukraina telah tewas. Semuanya ditembak mati dalam serangan hari Jumat (27/1) di luar sinagoga di pemukiman Yerusalem timur.

Amerika Serikat secara historis memimpin diplomasi Timur Tengah. Mesir yang memiliki hubungan dengan Israel telah lama berperan sebagai mediator dalam konflik Israel-Palestina. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)