BLOKADE GAZA HALANGI BANTUAN KEMANUSAIAN

israeli-soldiers-inspect-a-humanitarian-aid-truck-before-it-enters-gaza-erez-border-crossing-july-2014 (1)
foto: memo

Gaza, 11 Dzulqa’dah 1435/6 September 2014 (MINA) – Pejabat Palang Merah Turki mengatakan bahwa blokade Zionis Israel atas Gaza selama delapan tahun ini telah menghalangi upaya Turki memberikan bantuan warga Gaza yang mencakup kebutuhan pokok untuk menjamin mereka hidup layak.

Pada Kamis lalu, delegasi dari Palang Merah Turki termasuk direktur utama dan pejabat senior lainnya, tiba di Gaza untuk meninjau kebutuhan warga Gaza.

Palang Merah Turki mengalami kesulitan membawa korban terluka dari Gaza ke Turki karena blokade Israel. Saat ini ada 79 warga Gaza yang terluka dirawat di rumah sakit Turki.

Middle East Monitor melaporkan, Pemerintah Israel melarang warga Gaza yang terluka melewati penyeberangan untuk dibawa menuju Turki untuk pengobatan. Menurut Pejabat Palang Merah Turki fasilitas kesehatan Turki dilengkapi peralatan yang sangat baik dan mampu menawarkan perawatan medis untuk ratusan orang yang terluka.

Mengenai rencana pengiriman pembangkit listrik terapung Turki untuk mengatasi masalah listrik di Gaza, pejabat Palang Merah Turki mengatakan bahwa upaya sedang dilakukan, namun tergantung persetujuan Israel dan kemampuan grid listrik di Gaza.

Sementara itu, Direktur Bulan Sabit Merah mengatakan, organisasinya telah menawarkan bantuan segala bidang ke Jalur Gaza untuk jangka panjang. (T/P003/P3/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0