BMKG: 807 Gempa Terjadi di Indonesia Selama April 2021

Jakarta, MINA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, terdapat 807 gempa bumi yang terjadi di Indonesia selama April 2021.

“Selama bulan April, telah terjadi 807 gempa bumi di Indonesia,” jelas BMKG dalam keterangan tertulis, Senin (3/5).

BMKG menjelaskan, dari jumlah total tersebut, gempa dengan kekuatan magnitudo kurang dari 5 sebanyak 785 kejadian dan gempa dengan magnitudo lebih besar atau sama dengan 5 sebanyak 22 kejadian.

Kemudian, jumlah gempa yang dirasakan sebanyak 69 kejadian.

Selanjutnya, untuk jumlah gempa bumi yang merusak sebanyak 2 kejadian, yaitu gempa bumi di Jawa Timur dengan kekuatan M 6,1 yang terjadi pada 10 April dan gempa bumi di Sukabumi dengan kekuatan M 5,0 pada 27 April.

BMKG mencatat, ada 16 kabupaten dan kota terdampak gempa M6,1 di Jawa Timur. Yakni Kota Blitar, Kota Malang, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Lumajang, Pasuruan dan Blitar.

Kemudian Kabupaten Jember, Tulungagung, Batu, Nganjuk, Pacitan, Bondowoso, Trenggalek, Probolinggo dan Ponorogo.

Selain itu, tercatat jumlah rumah yang rusak akibat gempa yaitu sebanyak 2.830 unit, dengan rincian rumah rusak, yaitu 624 rusak berat, 845 rusak sedang dan 1.361 rusak ringan.

BMKG juga terus mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan waspada serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. (R/SR/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)