BMKG: Beberapa Wilayah Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem Kamis

Ilustrasi hujan lebat. (Foto. MINA)

Jakarta, MINA  – Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) peringatan dini akan adanya cuaca ekstrem yang melanda beberapa wilayah di Indonesia pada Kamis (27/6).

Menurut BMKG, daerah konvergensi terpantau memanjang dari Kepulauan Riau hingga Pesisir Timur Sumatra Utara, dari Laut Jawa hingga Sumatra Selatan, dari Pesisir Timur Jawa Timur hingga Pesisir Utara Jawa Tengah, demikian keterangan yang diterima MINA.

Selain itu, juga terpantau dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Tengah Bagian Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar, dari Laut Sulawesi hingga Laut Sulu, di Laut Banda, dari Papua Pegunungan hingga Papua Barat, dan di Samudra Pasifik Utara Pulau Halmahera.

Baca Juga:  Pemerintah Blokir Internet ke Kamboja dan Filipina

“Daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di Laut Banda, di Laut Seram, di Lau Maluku, di Laut Flores, di Laut Jawa, di Laut Arafuru, dan Samudra Hindia Selatan NTT hingga Barat Daya Lampung,” tulis BMKG di laman bmkg.go.id.

Kondisi tersebut, lanjut BMKG, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik, dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Peningkatan kecepatan angin hingga mencapai >25 knot juga terpantau di Laut Andaman, di Samudra Hindia Barat Daya Lampung, dan di Laut Arafuru, yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut.

Intrusi udara kering/dry intrusion dari BBS melintasi wilayah Samudra Hindia Selatan Jawa Timur hingga Barat Daya Lampung. Kondisi ini yang mampu mengangkat uap air basah di depan batas intrusi menjadi lebih hangat dan lembap yaitu di wilayah Pesisir Selatan Jawa.

Baca Juga:  Imaam Yakhsyallah Mansur: Beladiri dari Berbagai Aliran Harus Bersatu

Berikut sejumlah wilayah yang diprediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang 27 Juni 2024.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua

Adapun wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Barat, Wilayah yang berpotensi angin kencang dan Nusa Tenggara Timur. []

Mi’raj News Agency (MINA)