BMKG: Gempa 7,0 SR Guncang NTB, Berpotensi Tsunami

Mataram, MINA – Gempa Bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) berpotensi Tsunami mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitternya @infoBMKG menyatakan, gempa tersebut terjadi pada Ahad (5/8) sekitar pukul 18.46. Pusat gempa berada di 8.25 LS, 116.49 BT, 27 kilometer Timur Laut Lombok Utara, NTB.

“Peringatan Dini Tsunami di NTB,” tulis BMKG.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan mengenai jumlah korban jiwa dan kerusakan akibat gempa tersebut. Getaran gempa sempat dirasakan hingga Bali.

Sebelumnya, gempa bumi juga mengguncang NTB pada Ahad (29/7) lalu. Ketika itu gempa berkekuatan 6,4 SR mengakibatkan sedikitnya 20 orang meninggal dunia dan lebih dari seribu bangunan porakporanda.

Ratusan kali gempa susulan terjadi usai gempa tersebut. Tiga kecamatan menjadi daerah paling terdampak, yakni dua kecamatan di Lombok Utara yaitu Kecamatan Sembalun dan Sambelia, serta satu kecamatan di Lombok Selatan yaitu Kecamatan Bayan. (L/R06/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.