BMKG Imbau Warga Pesisir Pantai Waspadai Fenomena Supermoon

Jakarta, MINA – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati pada Sabtu (19/1) mengimbau warga yang tinggal di sejumlah pesisir pantai Indonesia agar waspadai adanya fenomena pasang maksium air laut.

Peringatan ini berlaku sejak Sabtu (19/1) pukul 07.00 WIB hingga Selasa (22/1) pukul 07.00 WIB.

Dalam surat edaran yang diterima MINA, BMKG melarang untuk mendekati sejumlah wilayah pesisir seperti, Pesisir Utara Jakarta, Pesisir Utara Jawa Tengah, Pesisir Utara Jawa Timur, Pesisir Cilacap, Tanjung Benoa, Bali, Pesisir Kalimantan Barat dan Pesisir Makasar.

Menurut Dwikorita, adanya fenomena Supermoon (Posisi prigee atau jarak terdekat bulan terhadap bumi disertai Bulan Purnama) mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia.

Ia melanjutkan, hal ini dapat berdampak pada terganggunya trasportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktifitas petani dalam proses pembuatan garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan .

BMKG selalu mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan siaga dalam mengantisipasi dampak dari pasang maksium air laut serta update informasi cuaca melalui akun resminya http://maritim.bmkg.go.id, @BMKGmaritim atau langsung dapat bisa menghubungi kantor BMKG terdekat. (R/Gun/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)