Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi Jelang Lebaran

kurnia - Senin, 8 April 2024 - 09:15 WIB

Senin, 8 April 2024 - 09:15 WIB

3 Views ㅤ

BMKG ingatkan warga wapadai gelombang tinggibdi perairan utara Laut Jawa (Foto: File/Istimewa)

Jakarta, MINA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia selama arus mudik lebaran 1445H/2024, pada Senin-Selasa (8-9/4).

Melalui keterangan tertulisnya, Senin (8/4) Prakirawan BMKG, Amryuda Mas Nalendra Jaya, menyampaikan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Timur Laut-Timur dengan kecepatan angin berkisar 6-25 knot.

“Di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 6 – 25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi bagian timur dan Samudra Hindia Selatan Pulau Sumba,” kata Amryuda

Menurutnya, kecepatan angin ini menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25 – 2,5 meter berpeluang terjadi di sejumlah perairan di Indonesia antara lain di barat Lampung, Samudra Hindia Barat Pulau Sumatra, perairan selatan Pulau Jawa, Selat Bali, Samudra Hindia Selatan Pulau Jawa, Laut Sulawesi, Laut Maluku bagian utara, perairan utara dan timur Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Papua Barat.

Baca Juga: Menag Bertemu Menhaj Saudi Bahas Persiapan Haji 2025

“Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran,” kata Amryuda.

BMKG mengimbau nelayan atau pengguna transportasi laut untuk selalu waspada. Untuk perahu nelayan perlu berhati-hati saat kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m, kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m), kapal feri (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m), dan kapal kargo atau kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m).

“Untuk masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” kata Amryuda. (R/R4/P2)

 

Baca Juga: Kariska Jakarta Adakan Aksi Sosial di Gunung Kidul Yogyakarta

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
hujan-pics4world
Indonesia
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional