BNPB: Sembilan Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir di Jabodetabek

Jakarta, MINA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana () mencatat, sebanyak sembilan orang dinyatakan meninggal dunia akibat bencana banjir dan tanah longsor yang menerjang sejumlah titik di wilayah Jabodetabek pada Rabu (1/1).

“Banjir di awal tahun baru pada 1 Januari 2020 yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya menyebabkan korban, kerusakan dan kerugian harta benda,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya di Jakarta.

BNPB, kata Agus, berhasil menghimpun daftar nama dunia, antara lain:

1. M Ali (82), Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur (Korban mengalami hipotermia)
2. Siti Hawa (72). Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur (Korban mengalami hipotermia)
3. Willi Surahman, Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur (Korban mengalami hipotermia)
4. Rumsinah (68), Jalan Al Barokah RT 07, RW 01, Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, Kota Depok (Korban tertimbun tanah longsor)
5. N (8), Jalan Al Barokah RT 07, RW 01, Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, Kota Depok (Korban tertimbun tanah longsor)
6. Amelia (27), Jalan Al Barokah RT 07, RW 01, Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, Kota Depok (Korban tertimbun tanah longsor)
7. Marsdianto (20), Perumahan Puri Citayam Permai 2, Desa Rawa Panjang, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor (Korban terseret arus banjir saat aliran kali yang berada persis di depan rumahnya menjebol tanggul).
8. Arfiqo Alif (16) warga Kemayoran, Jakarta Pusat. Korban kesetrum listrik
9. Kusmiyati (30 thn), korban tertimpa tanah longsor, Tanah Sereal, Kota Bogor.

BNPB mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah yang berpotensi banjir agar mengevakuasikan diri ke tempat aman terlebih dahulu dan bersiap-siap dalam menghadapi kemungkinan banjir.

“Yang penting selamatkan jiwa terlebih dahulu,” papar Kepala BNPB Doni Monardo.

Sebelumnya, BMKG telah memberi peringatan tentang akan adanya hujan deras di seluruh wilayah Jabodetabek dan kemungkinan akan terjadi banjir.

BMKG juga memprediksi hujan lebat masih akan terjadi dari pagi hingga malam hari di wilayah Jabodetabek. (R/hju/R6/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.