BNPB Siagakan Helikopter Bantu Korban Gunung Ruang

Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, yang terdampak erupsi Gunung Ruang dan meletus pada Ahad 21 April 2024 (Dok: BNPB)

Jakarta, MINA –  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiagakan helikopter membantu upaya penanganan darurat bagi warga di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, yang terdampak erupsi Gunung Ruang.

“Ada satu unit helikopter yang disiagakan di Lapangan Bola Stadion Klabat, Kota Manado pada hari ini,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan diterima di Jakarta, Sabtu (20/4).

Ia memastikan helikopter tersebut siap mendukung segala keperluan kedaruratan, baik untuk mengangkut segenap bantuan logistik maupun evakuasi warga di Kepulauan Sitaro dan sekitarnya.

BNPB berharap upaya penanganan darurat evakuasi dan penyaluran bantuan bisa berjalan maksimal karena sebelumnya hanya mengandalkan transportasi kapal laut dari Basarnas dan TNI AL. ​​​​​​”Keselamatan warga menjadi hal yang diprioritaskan,” ujarnya.

Baca Juga:  Iran Umumkan Lima Hari Berkabung

Gunung Ruang erupsi sejak 16 April 2024 sore hari setelah terjadi peningkatan aktivitas kegempaan. Pada hari yang sama, status gunung tersebut berubah sampai tiga kali, dari Normal ke Waspada, Siaga, dan Awas.

Erupsi besar tercatat pada tanggal 17 April 2024 pukul 20.15 WITA, yang merupakan erupsi menerus disertai suara gemuruh dan getaran terasa hingga ke Pos Pengamatan Gunung Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang.

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi