BNPT: Generasi Muda Harus Miliki Karakter Kebangsaan

Jakarta, (MINA) – Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mayjen TNI Dedi Sambowo mengatakan, generasi muda Indonesia harus memiliki karakter kebangsaan yang mengedepankan sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat demi terciptanya harmonisasi dalam kehidupan.

“Sebagai penduduk daerah yang beragam, semangat persatuan dalam bingkai kebinekaan harus tumbuh dari diri masing-masing individu dengan tetap mengedepankan sikap toleransi dalam hidup bermasyarakat demi terciptanya harmonisasi kehidupan,” kata Dedi saat menghadiri acara “Kemah Nusantara, Merawat Kebinekaan dengan Toleransi” di Pantai Walet, Muara Badak, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Jumat (19/8).

Acara kemah yang diinisiasi Duta Damai Dunia Maya BNPT Wilayah Kalimantan Timur ini diikuti lebih dari 200 pemuda dari berbagai latar belakang suku, agama, dan budaya di Provinsi Kalimantan Timur.

Dedi menyampaikan bahwa acara Kemah Nusantara ini dapat menjadi momentum mempererat tali silaturahim antarorganisasi kemasyarakatan dan pemuda, komunitas seni, organisasi kesukuan dan mahasiswa, serta agenda berbagi pengetahuan tentang wawasan kebangsaan.

“Ini sesuai dengan semangat pelibatan multipihak (pentahelix), yaitu unsur pemerintah, masyarakat, akademisi, media, dan dunia usaha untuk mencegah penyebaran paham radikal dan terorisme melalui penguatan empat konsensus nasional bangsa Indonesia,” jelas dia.

Dengan demikian, melalui acara kemah ini, Dedi berharap pemuda Kalimantan Timur dapat menjadi generasi yang memiliki kecintaan kepada bangsa, Pancasila, dan mampu melanjutkan cita-cita para pendahulu, terlebih pascapenetapan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara.

Hadir Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. Ahmad Nurwakhid, Kepala Biro Umum BNPT Fanfan Infansyah, tokoh Dayak Kaltim Marten Apuy, akademisi Fatimah Asyari, Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Subandi, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kaltim Achmad Jubaidi, dan jajaran Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)