Bocoran Sandi Tunjukkan Peran AS dalam Penggulingan Imran Khan

Istanbul, MINA – Bocoran sandi diplomatik yang baru-baru ini diterbitkan oleh The Intercept, outlet yang berbasis di AS mengungkapkan keterlibatan AS dalam menggulingkan Perdana Menteri tahun lalu.

Mantan Perdana Menteri Shehbaz Sharif menanggapi, jika dugaan konten sandi itu adalah “benar”, itu sama dengan “kejahatan besar”. Daily Sabah melaporkan, Kamis (10/8).

Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), partai yang didirikan Imran Khan, menyatakan kembali permintaannya untuk penyelidikan atas sandi yang dikirim oleh mantan Duta Besar negara itu untuk Washington Asad Majeed, tahun lalu, yang dikutip Khan sebagai ” bukti” konspirasi untuk menggulingkan pemerintahannya.

Khan digulingkan dengan mosi tidak percaya di Parlemen pada 9 April 2022.

Baca Juga:  Peran Dakwah dalam Memperbaiki Akhlak Umat

The Intercept menerbitkan konten yang bocor dari sandi tersebut, termasuk laporan pertemuan antara Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Biro Urusan Asia Selatan dan Tengah Donald Lu dan Duta Besar Pakistan saat itu Asad Majeed.

“Rincian dokumen rahasia sekali lagi mendukung pendirian Imran Khan bahwa langkah tidak percaya terhadap konstitusional dan pemerintahan yang dipilih secara demokratis dilakukan di bawah konspirasi,” lanjut PTI.

Kepala PTI menyalahkan Washington dan Panglima Angkatan Darat saat itu Jenderal Qamar Javed Bajwa atas runtuhnya pemerintahan koalisinya.

Namun, baik Washington maupun pemerintah penggantinya di Islamabad telah berulang kali membantah tuduhan tersebut.

Tahun lalu, pemerintah Pakistan berturut-turut, pertama dipimpin oleh Khan dan kemudian oleh Sharif, mengadakan dua pertemuan NSC untuk membahas sandi tersebut. NSC mencatat bahwa ada gangguan eksternal di Pakistan. (T/RS2/P2)

Baca Juga:  Perspektif Islam Terhadap Maraknya Tindak Kekerasan

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.