BOKO HARAM NIGERIA BERSUMPAH SETIA KEPADA PEMIMPIN ISIS

Pemimpin Boko Haram Nigeria, Abubakar Shekau (dua dari kanan), menyatakan setia kepada ISIS. (Foto: AA)
Pemimpin Boko Haram Nigeria, Abubakar Shekau (dua dari kanan), menyatakan setia kepada ISIS. (Foto: AA)

Lagos, Nigeria, 17 Jumadil Awwal 1436/8 Maret 2015 (MINA) – Kelompok pejuang Boko Haram Nigeria menyatakan sumpah setianya kepada Abu Bakr Al-Baghdadi, pemimpin kelompok pejuang Islamic State atau ISIS yang mengontrol sebagian wilayah Irak dan Suriah.

“Dalam pengabdian kepada perintah Allah dan tunduk pada perintah nabi untuk tetap bersatu sebagai umat (negara Muslim), kami mengumumkan kesetiaan kami kepada khalifah kaum muslimin Abu Bakr Al-Baghdadi,” kata Abubakar Shekau, pemimpin Jamaat Ahl As-Sunnah lid-Daawah Wal-Jihad (Boko Haram) dalam sebuah rekaman audio berkualitas buruk yang diposting online.

“Kami akan mendengar dan taat dalam waktu sulit dan makmur, waktu sempit dan lapang. Kami berjanji karena tidak ada obat dari perselisihan umat kecuali khalifah,” kata Shekau, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, Ahad (8/3).

“Kami menyerukan kepada umat Islam di mana pun untuk membaiat khalifah dan mendukungnya,” tambahnya.

Kelompok-kelompok militan di beberapa negara, termasuk Mesir dan Libya, telah berjanji setia kepada ISIS.

Sepanjang audio berdurasi sembilan menit itu, pemimpin Boko Haram tidak menyinggung pertempuran yang sedang berlangsung antara kelompoknya melawan tentara Nigeria.

Sejak 2009, pemerintah Nigeria telah bertempur sengit melawan pemberontakan Boko Haram di wilayah timur laut negara itu dan ribuan jiwa telah tewas.

Boko Haram baru-baru ini meningkatkan aktivitas militannya, merebut beberapa wilayah Nigeria seperti provinsi Adamawa, Borno dan Yobe. (T/P001/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0