BPBD Kab Aceh Timur: Lima Kecamatan Terendam Banjir

Banda Aceh, MINA – Beberapa desa di lima kecamatan di Aceh Timur dilanda banjir menyusul meluapnya sungai dan akibat hujan deras dalam sehari terakhir, demikian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur.

“Hujan deras mengakibatkan banjir di lima kecamatan diantaranya,” kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Timur Ashadi di Aceh, Senin (25/12).

Kecamatan Simpang Jernih meliputi Desa Pante Kera, Kecamatan Pantee Bidari meliputi Desa Pante Labu dan Blang Seunong, kemudian Kecamatan Indra Makmur meliputi Desa Alu Ie Mirah dan Julok Rayeuk Utara, Kecamatan Sungai Raya meliputi Desa Paya Ketapang, dan Kecamatan Birem Bayeun meliputi Desa Keude Birem.

Lebih lanjutnya, sekitar pukul 04.00 WIB, air sungai meluap, banjir yang merendam sejumlah kecamatan di Aceh Timur tersebut dengan ketinggian air berkisar 30 sentimeter hingga 80 sentimeter.

Baca Juga:  Sembilan Kampus Seni Indonesia Pamerkan Karya Visual

“Saat ini, petugas di lapangan mendata wilayah lainnya yang terdampak banjir,” kata Ashadi. Dia menyebutkan saat ini belum ada laporan warga yang mengungsi akibat banjir tersebut. Masyarakat masih bertahan di rumah masing-masing.

Ashadi mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan siap siaga terhadap banjir susulan. Jika ketinggian air meningkat segera mengungsi ke tempat lebih tinggi.

“Debit air diperkirakan akan terus meningkat apalagi hujan masih mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Aceh Timur. Tetap waspada dan tingkatkan kesiapsiagaan terutama masyarakat yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai,” ujar Ashadi. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf