BPBD Semarang: Banjir Rob, Aktifitas di Area Pelabuhan Dihentikan Sementara

Semarang,  MINA – Kepala Bagian Tata Usaha Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng Safrudin mengatakan, mengingat banjir rob masih tinggi, BPBD Jateng mengimbau agar aktivitas pekerjaan di area Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dihentikan sementara, untuk mengantisipasi dampak banjir air laut yang masuk di kawasan pelabuhan tanjung Emas Semarang.

“Karena ada pengelolanya (perusahaan), kalau fenomenanya seperti ini lebih baik diliburkan. Di kawasan industri pelabuhan,  kalau tanggul yang jebol belum ditangani darurat, air kemungkinan masih akan masuk lagi,” ucap Safrudin, demikian keterangan yang diterima MINA.

Tanggul Penahan Air Laut di Kawasan Lamicitra  Pelabuhan Tanjung Emas Semarang jebol pada hari Senin (23/5) pukul 14.00 s.d 16.00 WIB.

“Tanggul jebol penahan air laut yang mengakibatkan banjir di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” katanya.

Safrudin menjelaskan, adapun penyebab tanggul jebol diakibatkan rob yang besar sehingga tanggul penahan air laut di kawasan Lamicitra tidak mampu menahan air laut yang cukup besar.

Banjir dengan ketinggian rob pada pukul 15-00-17.00 WIB mencapai 1,1 meter.

Safrudin mengatakan, sedangkan untuk penanggulangan tanggul jebol, BPBD Jateng sudah koordinasi dengan PT Pelindo. Namun penanganan lebih lanjut belum bisa dilakukan jika arus air masih kencang.

Untuk warga yang permukimannya terendam banjir rob, diimbau agar mengungsi di tempat yang telah disediakan di masing-masing daerah. Jangan lupa amankan surat penting, seperti KTP, surat nikah, sertifikat, ijazah, dan lainnya.

“Kita harapkan mereka punya tas siaga,” harap dia.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebelumnya telah meminta BPBD Jawa Tengah untuk mempersiapkan posko dan dapur umum guna penanganan dampak banjir rob. Ganjar juga telah melakukan pemantauan titik banjir di sejumlah wilayah.

BPBD Jateng mencatat, sejumlah wilayah yang terdampak banjir rob berada di daerah pesisir utara Jateng, seperti Kota Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Semarang, Demak, dan Pati. Oleh karena itu, BPBD Jateng telah berkoordinasi dengan BPBD daerah lain serta pemerintah kabupaten/kota setempat.
Safrudin menuturkan, banjir rob yang termasuk parah terjadi di Kota Semarang. Wilayah yang terdampak di Semarang adalah Tambaklorok, Bandarharjo, Trimulyo, dan area Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Dengan ketinggian rob pada pukul 15-00-17.00 WIB mencapai 1,1 meter. (R/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.