B’Tslem: Israel Lakukan Kejahatan Perang di Jalur Gaza

Gaza,  MINA – Organisasi HAM B’Tslem yang beroperasi di wilayah pendudukan Israel pada Ahad (16/5) menyatakan, Israel melakukan kejahatan perang di Jalur Gaza.

Organisasi HAM Israel ini menegaskan, Jalur Gaza yang terblokade menjadi wilayah dengan kerusakan besar dan ajang pembunuhan oleh militer Israel yang tidak pernah terjadi sejak 2014.

B’Tslem juga mengumumkan, selain itu sejak 2002, Tepi Barat belum menyaksikan tingkat operasi pembunuhan seperti yang terjadi di hari Jumat kemarin. Dimana Israel membunuh sedikitnya 10 warga Palestina dalam aksi damai yang berubah bentrokan dan melukai 251 orang, termasuk 26 di antaranya luka kritis, salah satunya luka di bagian kepala dan hampir mati.

Organisasi ini menyatakan, pasukan Israel di Al-Quds Timur pada 10 Mei lalu hingga Jumat (14/5) telah menyerang dan melukai 1.000 warga Palestina.

“Rezim Israel melakukan kekerasan sistematis terhadap rakyat Palestina di setiap jengkal wilayah yang dijajahnya,” tegas B’Tslem.

Israel juga melakukan kerusakan terhadap toko dan fasilitas vital seperti jaringan listrik, air, jalan-jalan dan lahan pertanian. Bahkan Israel merusak tiga rumah sakit di Bait Hanoun, Rumah Sakit Indonesia, dan Pusat Medis Hala Shawa. (T/R1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)