Buah Amal Shaleh

Oleh Bahron Ansori, wartawan MINA

Tidak ada kata lain yang disampaikan Allah Taโ€™ala dalam al Qurโ€™an setelah kata kecuali amal shaleh. Dua kata iman dan ini selalu berdampingan. Itu menunjukkan bahwa Allah tidak semata-mata meminta hamba-Nya untuk beriman kepada-Nya belaka tanpa amal sholeh.

 

Orang yang mengaku beriman kepada Allah Taโ€™ala, tapi tak mewujudkan imannya itu dalam wujud amal nyata (amal sholeh), maka bagaimana mungkin imannya itu bisa diukur. Iman yang benar, tentu saja akan melahirkan amal sholeh yang sesuai aturan Allah dan Nabinya.

Satu di antara sekian banyak ayat tentang buah amal sholeh, seperti disebutkan dalam al Qurโ€™an surat An-Nahl, ayat 97 berikut ini,

{ู…ูŽู†ู’ ุนูŽู…ูู„ูŽ ุตูŽุงู„ูุญู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฐูŽูƒูŽุฑู ุฃูŽูˆู’ ุฃูู†ู’ุซูŽู‰ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู…ูุคู’ู…ูู†ูŒ ููŽู„ูŽู†ูุญู’ูŠููŠูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุญูŽูŠูŽุงุฉู‹ ุทูŽูŠู‘ูุจูŽุฉู‹ ูˆูŽู„ูŽู†ูŽุฌู’ุฒููŠูŽู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽุฌู’ุฑูŽู‡ูู…ู’ ุจูุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ููˆุง ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ููˆู†ูŽ (97) }

โ€œBarangsiapa yang mengerjakan amal saleh โ€”baik laki-laki maupun perempuanโ€” dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik: dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang telah mereka kerjakan.โ€

Janji Allah ini ditujukan kepada orang yang beramal saleh. Yang dimaksud dengan amal saleh ialah amal perbuatan yang mengikuti petunjuk Kitabullah dan Sunnah Nabi-Nya, baik dia laki-laki ataupun perempuan dari kalangan anak Adam, sedangkan hatinya dalam keadaan beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan bahwa amal yang dilakukanยญnya itu merupakan amal yang diperintahkan serta disyariatkan dari sisi Allah. Maka Allah berjanji akan memberinya kehidupan yang baik di dunia, dan akan memberinya pahala yang jauh lebih baik daripada amalnya kelak di akhirat.

Pengertian kehidupan yang baik ialah kehidupan yang mengandung semua segi kebahagiaan dari berbagai aspeknya. Telah diriwayatkan dari Ibnu Abbas dan sejumlah ulama, bahwa mereka menafsirkannya dengan pengertian rezeki yang halal lagi baik.

Dari Ali ibnu Abu Talib, disebutkan bahwa dia menafsirkannya dengan pengertian al-qana’ah (puas dengan apa yang diberikan kepadanya). Hal yang sama telah dikatakan oleh Ibnu Abbas, Ikrimah, dan Wahb ibnu Munabbih.

Ali ibnu Abu Talhah telah meriwayatkan dari ibnu Abbas, bahwa makna yang dimaksud ialah kebahagiaan. Al-Hasan, Mujahid, dan Qatadah mengatakan.โ€Tiada suatu kehidupan pun yang dapat menyenangkan seseorang kecuali kehidupan di dalam surga.”

Ad-Dahhak mengatakan, makna yang dimaksud ialah rezeki yang halal dan kemampuan beribadah dalam kehidupan di dunia. Ad-Dahhak mengatakan pula bahwa yang dimaksud ialah mengamalkan ketaatan, dan hati merasa lega dalam mengerjakannya.

Tetapi pendapat yang benar tentang makna kehidupan yang baik ini menyatakan bahwa pengertian kehidupan yang baik mencakup semua yang telah disebutkan di atas.

Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad disebutkan,

ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ูŠูŽุฒููŠุฏูŽุŒ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุณูŽุนููŠุฏู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุฃูŽูŠู‘ููˆุจูŽุŒ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ููŠ ุดูุฑูŽุญู’ุจููŠู„ู ุจู’ู†ู ุดูŽุฑููŠูƒูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุญูุจูู„ูŠุŒ ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ุนูŽู…ุฑูˆ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: “ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽูู’ู„ูŽุญูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุณู’ู„ูŽู…ูŽ ูˆุฑูุฒู‚ ูƒูŽููŽุงูู‹ุงุŒ ูˆู‚ูŽู†ู‘ูŽุนู‡ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูู…ูŽุง ุขุชูŽุงู‡ู”.

Telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Yazid, telah menceritakan kepada kami Sa’id ibnu Abu Ayyub, telah menceritakan kepadaku Syurahbil ibnu Syarik, dari Abu Abdur Rahman Al-Habli, dari Abdullah ibnu Umar. bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wasallam pernah bersabda, โ€œSesungguhnya beruntunglah orang yang telah masuk Islam dan diberi rezeki secukupnya serta Allah menganugerahkan kepadanya sifat qana’ah terhadap apa yang diberikan kepadanya.

Imam Muslim meriwayatkannya melalui hadis Abdullah ibnu Yazid Al-Muqri dengan sanad yang sama. Imam Turmuzi dan Imam Nasai telah meriwayatkan melalui hadis Ummu Hani’, dari Abu Ali Al-Juhani, dari Fudalah ibnu Ubaid yang menceritakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda,

“ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽูู’ู„ูŽุญูŽ ู…ูŽู†ู’ ู‡ูุฏูŠ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ูุŒ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽูŠู’ุดูู‡ู ูƒูŽููŽุงูู‹ุงุŒ ูˆูŽู‚ูŽู†ูุนูŽ ุจู‡”.

โ€œSesungguhnya beruntunglah orang yang diberi petunjuk kepada Islam, sedangkan rezekinya secukupnya dan ia menerimanya dengan penuh rasa syukur.โ€

Imam Turmuzi mengatakan, hadis ini berpredikat sahih.

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏูุŒ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ูŠูŽุฒููŠุฏูุŒ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ู‡ูŽู…ู‘ูŽุงู…ุŒ ุนูŽู†ู’ ูŠูŽุญู’ูŠูŽู‰ุŒ ุนูŽู†ู’ ู‚ูŽุชูŽุงุฏูŽุฉูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ: “ุฅู† ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุธู’ู„ูู…ู ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽ ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู‹ ูŠูุนู’ุทูŽู‰ ุจูู‡ูŽุง ูููŠ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง [ูˆูŽูŠูุซูŽุงุจู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ุขุฎูุฑูŽุฉู ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑู ููŽูŠูุนู’ุทููŠู‡ู ุญูŽุณูŽู†ูŽุงุชูู‡ู ูููŠ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง] ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽูู’ุถูŽู‰ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุขุฎูุฑูŽุฉูุŒ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒูู†ู’ ู„ูŽู‡ู ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู‹ ูŠูุนู’ุทูŽู‰ ุจูู‡ูŽุง ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง”

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hammam, dari Yahya, dari Qatadah, dari Anas ibnu Malik yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Sesungguhnya Allah tidak akan menganiaya orang mukmin dalam suatu kebaikan pun yang Dia berikan kepadanya di dunia dan Dia berikan pahalanya di akhirat. Adapun orang kafir, maka ia diberi balasan di dunia karena kebaikan-kebaikannya, hingga manakala ia sampai di akhirat, tiada suatu kebaikan pun yang tersisa baginya yang dapat diberikan kepadanya sebagai balasan kebaikan. Hadis ini diketengahkan secara munfarid oleh Imam Muslim.

Dari ayat 97 surat An Nahl itu semoga kita bisa memetik pelajaran (ibroh) berharga tentang bagaimana mewujudkan keimanan dalam bentuk amal shaleh sehari-hari. Sungguh Maha Benar Allah dengan segala janji-Nya, Dia akan menjadikan hidup seorang muslim menjadi lebih baik saat dia mau beramal sholeh (berbuat baik), wallahuaโ€™lam.(A/RS3/P1)

Miโ€™raj Islami News Agency (MINA)