Bukele Presiden El Salvador Keturunan Palestina Menang Lagi di Pilpres

San Salvador,  MINA – mengeklaim kemenangan dalam pemilu yang digelar pada Ahad (4/2).

Pria keturunan itu meraih 85 persen suara dalam , sementara partainya Nuevas Ideas meraih 58 dari 60 kursi di parlemen.

Ini adalah masa jabatan kedua Bukele sebagai presiden El Salvador, setelah pertama kali menjabat pada 2019 lalu.

Dalam pidato usai pencoblosan, Bukele mengklaim kemenangannya mewakili pemilihan presiden yang sangat demokratis. Dia juga mengatakan El Salvador akan menjadi negara pertama yang menerapkan “sistem satu partai dalam demokrasi”.

Bukele juga mengeklaim “rekor” kemenangan di X, beberapa jam sebelum hasil parsial dikeluarkan oleh Mahkamah Agung Pemilu El Salvador.

Nayib Bukele lahir pada 24 Juli 1981, di San Salvador. Dia adalah putra Olga Ortez de Bukele dan Armando Bukele Kattán, seorang pengusaha terkemuka sekaligus imam lokal keturunan Palestina.

Nama Nayib Bukele populer di negara Amerika Latin itu, terutama setelah dia menangkap lebih dari 75 ribu orang yang diduga gangster, dalam keadaan darurat yang diberlakukan hampir dua tahun lalu.

Geng kriminal menjadi momok menakutkan bagi El Salvador, lantaran kelompok ini telah merenggut sekitar 120 ribu nyawa warga sipil dalam tiga dekade.

Tahun lalu, negara yang pernah menjadi salah satu negara paling berbahaya di dunia ini mengalami penurunan angka pembunuhan ke level terendah dalam tiga dekade, jauh di bawah rata-rata global. (T/R4/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.