Bulan Depan Iran Pemilihan Presiden, Pers Khawatirkan Sepinya Pemilih

Teheran, MINA – menyuarakan kekhawatirannya tentang potensi sepinya partisipasi rakyat dalam pemilihan presiden bulan depan.

Ahad (16/5), sehari setelah pendaftaran kandidat berakhir, pers reformis sangat khawatir dengan alasan bahwa jumlah pemilih yang rendah akan menguntungkan kubu konservatif seperti dalam pemilihan legislatif tahun lalu.

Di jalan-jalan Teheran, penduduk secara terbuka mengatakan bahwa mereka memiliki urusan sehari-hari yang lebih penting untuk dihadapi daripada ikut pemilu, Nahar Net melaporkan.

“Semuanya menjadi lebih mahal, sewa, makanan, ayam, daging. Kita adalah penyewa tanpa penghasilan. Siapa yang harus kita pilih? Siapa yang bisa kita percayai?” tanya ibu rumah tangga bernama Fatemeh di alun-alun Khorassan.

Menurut komite pemilihan, hampir 600 calon, termasuk 40 wanita, telah mendaftar untuk pemungutan suara 18 Juni. Pemilu akan memilih pengganti Presiden Hassan Rouhani yang moderat, yang secara konstitusional dilarang mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga berturut-turut.

Tetapi hanya segelintir yang akan diizinkan mencalonkan diri setelah pemeriksaan oleh Dewan Penjaga, badan yang didominasi konservatif dan tidak bertanggung jawab untuk mengawasi pemilihan.

Menurut harian reformis Shargh, “berbagai jajak pendapat” menunjukkan bahwa “lebih dari setengah” pemilih yang memenuhi syarat diperkirakan akan abstain.

Pemilu tersebut secara luas diperkirakan akan menjadi pertarungan antara konservatif Ali Larijani, mantan ketua parlemen, dan ketua pengadilan ultrakonservatif, Ebrahim Raisi.

Pada pemilu legislatif Februari 2020, jumlah pemilih yang tidak ikut pemilu menembus rekor 57 persen.

Ini dikaitkan dengan diskualifikasi ribuan kandidat, banyak dari mereka reformis dan moderat, serta kekecewaan pemilih terhadap ekonomi dan kinerja Rouhani. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.