Bulan Sabit Merah Palestina: 55 Truk Bantuan Masuk Gaza

Perbatasan Rafah. (Foto: dok. Nahar Net)

Gaza, MINA – Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan pada hari Rabu (1/10), 55 truk bantuan lainnya telah memasuki Jalur Gaza melalui perbatasan Rafah dengan Mesir.

“Tim Bulan Sabit Merah hari ini telah menerima 55 truk bantuan kemanusiaan dari Bulan Sabit Merah Mesir melalui penyeberangan Rafah,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Dikutip dari Anadolu, Bulan Sabit Merah mengatakan truk-truk tersebut berisi makanan, air, dan pasokan medis, namun Israel masih menolak mengizinkan masuknya pasokan bahan bakar penting ke Gaza.

Tercatat, jumlah truk bantuan yang masuk ke Gaza sejak 7 Oktober mencapai 272 truk.

Di bawah blokade Israel selama 16 tahun di Gaza, sekitar 500 truk yang membawa barang memasuki Gaza setiap hari, termasuk 45 truk yang membawa bahan bakar.

Baca Juga:  Sejumlah Kepala Negara Arab Ucap Belasungkawa Atas Tewasnya Presiden Iran

Namun semua itu terhenti sejak pecahnya pertempuran di Gaza pada 7 Oktober yang menyebabkan daerah kantong Palestina menghadapi kekurangan bahan pokok termasuk bahan bakar, yang sangat dibutuhkan untuk memberi listrik pada rumah sakit dan memastikan bahwa air dapat diolah dan aman untuk diminum.

Tentara Israel telah memperluas serangan udara dan daratnya di Jalur Gaza, yang telah mengalami serangan udara tanpa henti sejak serangan mendadak Hamas pada 7 Oktober.

Lebih dari 10.300 orang telah tewas dalam konflik tersebut, termasuk setidaknya 8.796 warga Palestina dan lebih dari 1.538 warga Israel, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. (T/R7/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi