BULUNGAN HARAP KAA HASILKAN KERJASAMA KEPARIWISATAAN

Logo Peringatan Konferensi Assia-Afrika ke-60. (Sumber: InfoBandung)
Logo Peringatan Konferensi Assia-Afrika ke-60. (Sumber: InfoBandung)

Bulungan, 2 Jumadil Akhir 1436/22 Maret 2015 (MINA) – Pemerintah Kabupaten  Bulungan, Kalimantan Utara,  berharap negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang hadir dalam Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 18-24 April 2015, dapat meningkatkan kerjasama pembangunan di bidang kepariwisataan.

Apalagi, ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bulungan, Datu Jamlus, melalui Sekretaris Disbudpar H Abdul Kadir, kabupaten ini akan mengembangkan objek wisata Air Terjun Kilometer 18 yang berjarak lebih kurang 45 menit dari ibukota kabupaten, Tanjung Selor.

“Air terjun setinggi 15 meter itu di kelilingi hutan alami, susunan bebatuan unik dan kondisi air yang masih jernih,” katanya sebagaimana siaran pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu.

Dijelaskan, Detail Engineering Design (DED) untuk Air Terjun Km 18 sudah dianggarkan di tahun 2015 agar tahun depan sudah bisa dimulai pembangunan fisiknya. Adanya DED itu menjadi acuan dalam membuat perencanaan yang matang dalam penataan objek wisata dimaksud.

“Air Terjun Km 18 terus dipromosikan tidak hanya melalui website Disbudpar Bulungan atau even internasional seperti Konferensi Asia Afrika, melainkan juga berbagai  pameran yang diikuti di luar daerah,” ujarnya.

Peringatan KAA tahun ini mengusung tema kerjasama promosi perdamaian dan kesejahteraan dunia. Tema yang akan yang akan ditampilkan adalah penguatan kerjasama selatan-selatan.

Pemerintah Indonesia menginginkan ada kerjasama  yang memberikan kontribusi dalam mempromosikan perdamaian dan kesejahteraan dunia

Kegiatan internasional tersebut merupakan suatu potensi peluang bisnis untuk meningkatkan investasi antara Indonesia, khususnya Kabupaten Bulungan, dengan negara -negara Asia Afrika.

Disbudpar Bulungan tercatat pada 14-17 Mei 2015  mengikuti Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara di Jakarta Convention Center (JCC). Berlanjut pada 28-31 Mei 2015 mengikuti  pameran Objek Nusantara Expo di Jogja Expo Center (JEC).

“Untuk event di JCC Jakarta, selain pameran. Kami juga akan ikut berkompetisi pada festival tari. Bulungan akan menampilkan tari pesisir dan tari pedalaman,” tambahnya.(T/R05/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor:

Comments: 0