Bungkam Iran, Jepang Lolos ke Final Piala Asia 2019

Al-Ain, MINA – Timnas Jepang berhasil melaju ke babak final setelah membungkam Iran dengan skor telak 3-0 pada semifinal Piala Asia 2019 di Al Stadion Hazza bin Zayed, Al-Ain, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (28/1) malam.

Tiga gol Jepang itu semuanya dicetak pada babak kedua. Yuya Osako berhasil menyumbang dua gol dan Genki Haraguchi mencetak satu gol pada menit-menit terakhir pertandingan, demikian The-AFC melaporkn yang dikutip MINA.

Kedua tim tampil menyerang sejak awal, tapi pada 45 menit yang bergulir di babak pertama belum bisa memecah kebuntuhan.

Pesta gol Jepang baru dimulai di menit 56 melalui sundulan Osako memanfaatkan umpan matang Takumi Minamino, 11 menit berselang Osako kembali menggandakan keungglan menjadi 2-0 lewat titik pinalti.

Jepang menyempurnakan kemenangan menjadi 3-0 melalui gol Haraguchi pada masa injury time.

Jepang dijadwalkan akan menghadapi pemenang semifinal antara tuan rumah Uni Emirat Arab atau Qatar. Pertandingan final akan dihelat pada Jumat (1/2) mendatang.

Hasil ini menjadikan Jepang melangkah ke final Piala Asia untuk kelima kalinya sejak 1992, 2000, 2004 dan 2011. Pada final sebelumnya, Jepang sukses membawa pulang piala setelah menang 1-0 melawan Australia. Selain itu, Jepang selalu menjadi juara di setiap final Piala Asia yang dilakoninya. (T/Haf/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)