Bunyan Saptomo: Indonesia Tetap Komitmen Dukung Perjuangan Palestina

Jakarta, MINA – Ketua Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Majelis Ulama Indonesia () Dubes menegaskan, Indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia masih tetap komitmen mendukung perjuangan bangsa Palestina.

Dukungan pemerintah Indonesia, selain dukungan diplomasi, juga dukungan bantuan kemanusiaan, pemberdayaan ekonomi dan pemberian beasiswa, ujarnya pada Diskusi Refleksi Akhir Tahun 2022 dan Proyeksi 2023 tentang Islam dan Situasi Global bertema “Memperkuat Ukhuwah untuk Menciptakan Perdamaian Dunia” diadakan di Aula Buya Hamka Kantor Jakarta, Rabu (21/12).

“Masyarakat sipil Indonesia, termasuk MUI, juga tidak ketinggalan memberikan bantuan kemanusiaan dan pemberdayaan kepada Palestina,” lanjutnya.

Dia menambahkan, MUI saat ini sedang mengadakan pengumpulan dana untuk membantu pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron (RSIH).

Bunyan melihat dukungan Indonesia terhadap Palestina ditegaskan kembali oleh Presiden Jokowi pada saat kunjungan Perdana Menteri Palestina, Dr. Mohammed Sthayyeh ke Indonesia bulan Oktober tahun ini.

Pada kesempatan tersebut PM Palestina menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan bangsa Indonesia yang secara konsisten mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaan.

Ia juga menyampaikan pandangan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menerima kunjungan PM Palestina dengan menegaskan dukungan Pemerintah RI terhadap perjuangan rakyat Palestina dan menawarkan beasiswa kepada perwira tentara Palestina untuk belajar di Universitas Pertahanan Indonesia.

Diskusi dibuka oleh Wakil Ketua Umum MUI Dr. KH. Marsudi Syuhud, dengan para pembicara Ketua Bidang HLNKI MUI Prof. Sudarnoto Abdul Hakim dan Ketua Komisi HLNKI MUI Dubes Bunyan Saptomo. Acara dipandu oleh Dr. Ahmad Ubaidillah. (L/RS2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)