Buya Anwar Abbas Ajak Muslimin Proaktif Rawat Lingkungan

Jakarta, MINA – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Buya Anwar Abbas mengajak kaum Muslimin untuk semakin giat dan proaktif dalam merawat dan melestarikan lingkungan.

“Pekan lalu 17 November 2023 Persyarikatan Muhammadiyah sukses menyelenggarakan forum lingkungan internasional, ‘Global Forum for Climate Movement: Promoting Green Culture, Innovation, and Cooperation’. Diikuti 13 negara dan lembaga dunia, forum ini diselenggarakan merayakan Milad ke-111 Persyarikatan Muhammadiyah membawa tema “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta,” kata Buya Anwar dalam keterangan tertulis, Senin (27/11).

Dia juga mengatakan, hasil forum adalah seruan aksi untuk menumbuhkan budaya ramah lingkungan, inovasi untuk ketahanan iklim, strategi, inisiatif, peraturan, kerangka finansial untuk menghadapi dampak perubahan iklim, serta pendekatan kolaboratif membangun aliansi untuk masa depan yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga:  Sehat dengan Mengonsumsi Kurma

Buya Anwar Abbas mengajak kaum muslimin untuk semakin giat dan proaktif dalam merawat dan melestarikan lingkungan. Perintah untuk melestarikan lingkungan.

Menurutnya, ini telah disebutkan dalam Al Qur’an secara tersurat maupun tersirat. Misalnya pada Surah Ar-Rum ayat 41 yang menyebut kerusakan di muka bumi diakibatkan oleh ulah manusia sendiri yang tamak, eksploitatif dan tidak patuh pada ajaran Allah Subhanahu wa ta’ala.

Alquran, kata dia juga telah banyak memberi panduan dasar bagaimana mengelola sumber daya alam agar berkah dan tidak berubah menjadi bencana. Misalnya lewat Surah Al-Qashash ayat 77 yang menyeru umat manusia untuk berbuat ihsan kepada sesama, termasuk lingkungan.

“Dalam Surah tersebut kita diutus untuk berusaha meraih kesuksesan di hari akhir dengan menggunakan segala nikmat dan karunia yang telah diberikan-Nya kepada kita, tetapi di samping itu, kita juga diminta untuk tidak mengabaikan kehidupan dunia,” ucap Anwar.

Baca Juga:  Warga Gaza Ceritakan Penyiksaan di Penjara Israel

“Allah Subhanahu wa ta’ala telah mengingatkan kita dalam mencari rezeki agar jangan berbuat kerusakan di muka bumi ini, karena Tuhan tidak suka kepada orang-orang yang berbuat binasa. Jadi dari firman ini dapat disimpulkan agar kita bisa senantiasa menyelamatkan bumi dan lingkungan hidup,” imbuhnya.

Perintah dan ajaran Islam yang melimpah untuk merawat lingkungan, kata Anwar Abbas harus dipahami oleh umat Islam, dan diamalkan. Sebab, semua perbuatan baik itu jika diamalkan juga berbuah sebagai pahala.

Tanpa merujuk pada perspektif Ketuhanan, ia mengaku sulit optimis upaya melestarikan lingkungan dapat berhasil karena yang dilawan adalah pandangan eksploitatif dari materialisme dan kapitalisme.

“Karena itu, sebagai konsekuensi logis semua kegiatan duniawi yang kita lakukan, utamanya yang menyangkut usaha mencari keuntungan, mesti diiringi sikap berbuat baik kepada sesama, menjaga bumi dan lingkungan hidup, serta mengaitkan tindakan kita dengan nilai-nilai luhur diajarkan agama Islam,” imbuhnya. (L/R4/P2)

Baca Juga:  Serangan Zionis Tewaskan 450 Siswa Palestina Jelang Ujian Masuk Sekolah

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi