BWA Bagikan 15 Ribu Al-Quran untuk Warga Jawa Tengah

(Foto: BWA)

Wonosobo, MINA – Menutup Bulan Januari 2023 ini, Badan Wakaf Al Quran () membagikan 15.000 wakaf di beberapa kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah.

Daerah tersebut di antaranya Kabupaten Wonosobo, Kota Salatiga, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Magelang.

Dalam keterangan resmi BWA diterima MINA, Rabu (25/1), distribusi Al-Quran Wakaf ini dimulai di Kabupaten Wonosobo tepatnya di Oemah Alam Mandala.

Distribusi kali ini merupakan kedua kalinya BWA datang ke wonosobo dan untuk distribusi saat ini merupakan tahap pertama dari rencana 114.000 mushaf untuk Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Alhamdulillah, BWA bisa datang kembali lagi ke Wonosobo ini. Sangat kami tunggu-tunggu karena memang kebutuhan Al Quran di pelosok khususnya di kab. Wonosobo masih sangat kekurangan,” kata Joko, salah satu pembina di Oemah Alam Mandala, sekaligus PJ daerah distribusi BWA untuk wilayah Kabupaten Wonosobo.

Dia berharap distribusi kali ini bisa mengurangi beban masyarakat yang ingin memiliki Al-Quran namun masih memiliki kendala untuk mendapatkannya, apalagi kurang lebih dua bulan lagi akan memasuki bulan puasa.

“Al-Quran ini pasti akan sangat dibutuhkan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan pengajian di bulan puasa nanti,” ujar Joko.

Kepala Program I BWA, Didik W.S, menyampaikan, Al-Quran wakaf yang dibawa pada saat ini masih sangat kurang untuk membantu masyarakat yang sulit mendapat Al-Quran.

“Berdasar data dari Dukcapil Kemendagri tahun 2021 Jawa Tengah memiliki penduduk (muslim) sebanyak 36,21 juta jiwa,” kata Didik di Alun-Alun Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Selasa (24/1).

Dalam kegiatan distribusi Al-Quran Wakaf kali ini BWA berkesempatan untuk melaksanakan penyerahan secara simbolis Al-Quran kepada Bupati Wonosobo H. Afif Nurhidayat, S.Ag. di Alun-Alun Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

“Al-Quran ini harus dibaca, jangan sampai hanya dipajang di lemari. Mudah-mudahan menjadi barokah dan memberi syafaat di yaumil akhir nanti,” kata Bupati Wonosobo.

Selanjutnya Didik W.S memberikan apresaiasi dan ucapan terima kasih banyak kepada Oemah Alam Mandala, Mas Joko (Oemah Alam Mandala), Mas Koko (IOF), BPBD Wonosobo, RPB Sobo alas, Surodilogo, Wirasakti, Polsek Kalikajar & Watumalang.

Selain itu, Komunitas Rakyat Wonosobo (Rawon), Paguyuban basecamp sekedu utara, Tagana, dan Keluarga Besar Curtina, Galena Logistik dan pihak-pihak lainnya yang telah mendukung BWA dalam Distribusi 15.000 Al-Quran Tahap I untuk Jawa Tengah ini.

“Mudah-mudah tetap terus bisa bersinergi ke depannya,” ujar Didik.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para wakif yang telah ikut mensukseskan kegiatan distribusi Al-Quran kali ini, mudah-mudahan menjadi amal jariyah.

“Bagi yang belum berwakaf masih ada kesempatan untuk berwakaf di program Wakaf Al Quran dan Pembinaan (WAP) 114.000 Al-Quran untuk Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta ini,”  pungkas Didik.(R/R1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)