BWF Tunda Kejuaraan Bulutangkis Lingshui China Masters

Lingshui, MINA – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) resmi menunda pelaksanaan Kejuaraan Bulutangkis Lingshui China Masters yang rencana awalnya akan digelar di Lingshui, China, pada 25 Pebruari sampai 1 Maret 2020 mendatang.

Penundaan ini adalah sebagai akibat wabah virus corona di negara itu yang menggemparkan seluruh dunia.

BWF menunda jadwal kejuaraan itu setelah melakukan perundingan dengan Asosiasi Bulutangkis Tiongkok (CBA). Demikian keterangan tertulis yang dikutip MINA, Ahad (2/2).

BWF dan CBA menunda gelaran tersebut dengan pertimbangan aspek kesehatan, keselamatan hingga kebutuhan logistik yang nantinya akan disiapkan untuk para atlet.

Lingshui China Masters 2020 merupakan satu diantara turnamen yang digunakan sebagai kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Hingga saat ini, terkait tanggal penyelenggaraan Lingshui China Masters 2020 sedang dibahas oleh BWF dan CBA. Kabarnya, gelaran tersebut akan diselenggarakan pada bulan Mei 2020.

Selain Lingshui China Masters 2020, pelaksanaan Badminton Asian Team Championship 2020 terancam juga dipindahkan dari China ke Filipina.

Badminton Asian Team Championship 2020 rencananya akan digelar di Wuhan, China, pada 21-26 April mendatang. Turnamen ini cukup penting karena menjadi ajang penutup kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

“Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 tidak mungkin dibatalkan karena merugikan pebulu tangkis Asia dalam perhitungan poin kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 dan itu juga berpengaruh pada Kejuaraan Eropa dan Afrika,” kata Anton Subowo, Presiden Konfederasi Bulutangkis Asia (BAC).

Anton mengatakan, alternatif lain kami memilih Manila, Filipina sebagai tuan rumah karena dari segi venue dan fasilitas cukup memadai, namun  belum ditentukan waktu penyelenggaraannya. . (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)