Calon Jamaah Haji Diimbau Segera Lakukan Tes Kesehatan Sebelum Lakukan Pelunasan Tahap Pertama

(Ilustrasi jamaah haji. Sumber istimewa)

Jakarta, MINA – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily meminta Calon Jamaah Haji 2024 untuk mandiri melaksanakan tes kesehatan atau medical check-up (MCU) yang dapat dimulai segera dimulai di layanan kesehatan, termasuk di Puskesmas yang disediakan oleh pemerintah daerah.

Ace mengatakan, tes kesehatan menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan asas kemampuan (istitha’ah) kesehatan agar ibadah haji tahun 2024 berjalan lancar.

MCU dilakukan untuk menekan potensi kematian calon jamaah haji Tanah Air saat melaksanakan ibadah.

“Sebelum pelunasan BIPIH kita minta kepada setiap calon jamaah haji untuk dapat melakukan tes kesehatan,” imbuh Ace dilaporkan Parlementaria yang dikutip MINA, Sabtu (20/1).

Baca Juga:  Ini 22 Rute Bus Shalawat yang Antar Jamaah ke Masjidil Haram Makkah 

Politisi Golkar ini mengatakan, selama 22 hari kerja dari tanggal 22 Januari 2024, calon jamaah haji dapat melakukan pelunasan biaya tahap pertama setelah dinyatakan sehat. Kemudian pelunasan tanggal kedua selama 14 hari kerja dimulai dari tanggal 8 maret.

“Mudah-mudahan calon jemaah tidak terbebani dengan biaya penyelenggara haji yang sudah kita tetapkan bersama dengan pemerintah,” sebut Ace.

Kementerian Agama (Kemenag) telah mengumumkan, jamaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan ke Arab Saudi pada Ahad, 12 Mei 2024.

Mengutip Kemenag, jamaah haji gelombang pertama akan diberangkatkan dari tanah air menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah mulai 12-23 Mei 2024.

Baca Juga:  PWI Pusat Tetapkan Riau Jadi Tuan Rumah HPN 2025

Sementara, jamaah haji gelombang kedua akan diberangkatkan dari tanah air menuju King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Jeddah mulai 21 Mei – 1 Juni 2024.

Tahun ini Indonesia rencananya akan memberangkatkan 241 ribu jamaah haji. Seperti tahun-tahun sebelumnya, calon jemaah haji akan masuk ke asrama sehari sebelum jadwal pemberangkatan dilaksanakan.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan