Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cara Mudah Redakan Pilek yang Aman dan Ampuh

sri astuti - Kamis, 4 Juli 2024 - 20:40 WIB

Kamis, 4 Juli 2024 - 20:40 WIB

12 Views

Ilustrasi wanita sedang pilek. (Foto: Subbotina Anna/Adobe Stock)

Pilek paling sering terjadi saat musim pancaroba dan biasanya disebabkan karena virus, salah satunya rhinovirus, yang dapat mengakibatkan peradangan pada saluran pernapasan atas sehingga produksi lendir meningkat.

Selain itu, pilek juga bisa disebabkan karena alergi, kualitas udara yang buruk dan kelembapan udara yang rendah. Kondisi ini membuat saluran hidung menjadi kering dan rentan terinfeksi.

Pilek sendiri umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam 3–7 hari. Hal ini karena infeksi viurs adalah self-limiting disease, di mana akan menghilang dalam jangka waktu tertentu.

Namun, gejala pilek seperti pusing, demam ringan, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, batuk, mata berair dan bersin, cukup mengganggu akivitas jika kita biarkan terlalu lama.

Baca Juga: Presiden Didesak Segera Sahkan RPP Kesehatan

Meski tidak berbahaya, bukan berarti kamu boleh mengabaikan atau meremehkan pilek. Untuk itu, kamu dapat menyimak lebih lanjut penjelasan terkait beberapa cara mudah yang aman dan ampuh untuk meredakan dan mengobati gejala pilek dalam artikel ini:

1 Istirahat yang cukup

Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup untuk mempercepat proses penyembuhan. Jika tidak, tubuh akan kelelahan karena memerlukan energi ekstra untuk melawan infeksi virus. Akibatnya, pilek bisa menjadi semakin parah dan penyembuhan menjadi lebih lama. Untuk itu, kamu harus istirahat yang cukup agar dapat segera sembuh dari pilek.

2 Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Baca Juga: Bahaya BPA yang Dapat Menyebabkan Diabetes Hingga Kanker

Vitamin C dikenal akan manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas. Oleh karena itu, vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan dan meredakan gejala-gejala pilek.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin C sebagai cara meredakan pilek, kamu bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, lemon, jambu biji, kiwi, stroberi, brokoli, maupun kentang.

3 Perbanyak Minum Air Putih

Untuk menghindari dehidrasi saat pilek, kamu disarankan untuk minum air putih lebih banyak setiap harinya. Selain itu, minum air putih juga dapat menjaga kelembapan tenggorokan sehingga rasa nyeri dari radang tenggorokan dapat berkurang.

Baca Juga: Kemendagri Minta Kepala Daerah Serius Tangani TBC-Polio

4 Mengonsumsi Minuman Hangat

Selain air putih, mengonsumsi minuman hangat juga menjadi salah satu pilek/">cara mengatasi pilek yang cukup mudah dilakukan. Mengonsumsi minuman hangat, seperti sari jahe, dapat membantu melemaskan otot pada saluran pernapasan yang menegang ketika sedang pilek.

5 Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat mengurangi keparahan gejala pilek, salah satunya meredakan sakit tenggorokan dan juga hidung tersumbat. Ini karena air garam dapat mengurangi dan mengencerkan lendir.

Baca Juga: Dr Imane Kendili Paparkan Strategi Pengurangan Risiko Tembakau Alternatif

Untuk berkumur dengan air garam, kamu bisa melarutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air putih. Kamu bisa mengulangi cara ini hingga 4 kali sehari.

6 Mengonsumsi Obat Flu dan Multivitamin

Mengonsumsi pilek/">obat pilek juga dapat dilakukan untuk meringankan gejala penyakit tersebut dan sebagai pilek/">cara mengatasi pilek yang efektif. Beberapa pilek/">obat pilek yang cukup umum dan dijual bebas yaitu paracetamol, dekongestan, dan antihistamin.

Obat tersebut diketahui mampu meringankan rasa nyeri yang timbul akibat pilek. Namun, pastikan kamu mengonsumsi obat ini sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan, ya.

Baca Juga: MER-C Training Center Gelar Pelatihan First Aid & Leadership untuk Remaja

Pilek yang tidak kunjung membaik hingga lebih dari dua pekan setelah kamu mencoba cara meredakan pilek di atas, kemudian gejala yang kamu alami semakin parah, maka segeralah periksakan ke dokter. []

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Lima Miliar Orang Terdampak Panas Ekstrem

Rekomendasi untuk Anda

MINA Health