Catat 5 Tips Bikin Rencana Liburan Tanpa Meninggalkan Waktu Shalat

Ilustrasi. (Sumber: amarbrotherohos)

Memanfaatkan libur kuliah untuk traveling memang jadi ide yang menyenangkan, tetapi jangan sampai meninggalkan kewajiban untuk melakukan shalat lima waktu selama liburan.

Banyak tempat wisata yang seru buat kamu kunjungi sebagai turis domestik mulai dari lokasi wisata alam sampai sekedar wisata kulineran. Nah, buat yang enggak tinggal di Jakarta, bisa juga coba melihat kesibukan di ibukota sambil berkunjung ke berbagai museum, jalan-jalan di mall, dan pastinya mencoba MRT. Namun, bukan tidak mungkin kamu juga terjebak kemacetan karena terlalu asyik berkeliling dengan teman-teman.

Hal yang enggak boleh terlewatkan saat liburan tentunya tetap melakukan rutinitas ibadah shalat lima waktu. Meskipun punya itinerary yang padat, kamu harus tetap menyempatkan diri untuk tidak meninggalkan kewajiban shalat lima waktu. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan saat menyusun rencana perjalanan liburan.

  1. Memilih jadwal penerbangan pagi atau malam

Buat kamu yang pengen liburan ke pantai, berkunjung ke Bali mungkin jadi destinasi yang paling mainstream. Namun, tidak ada salahnya liburan mainstream karena mungkin masih banyak destinasi baru yang belum sempat kamu kunjungi. Nah, tiket pesawat ke Jakarta juga bisa dicek setiap saat sesuai jadwal yang kamu inginkan.

Pergi bareng sahabat enggak akan menyulitkan kamu yang ingin pergi dengan ‘perjuangan’ memilih penerbangan pagi. Ya, harga penerbangan pagi biasanya lebih murah dan durasi perjalanan domestik di pagi hari juga tidak akan mengganggu waktu shalat. Memilih penerbangan malam juga jadi solusi bijaksana. Jadi, setelah Isya, kamu tinggal tidur di perjalanan dan jangan lupa request late check-in agar bisa langsung istirahat saat tiba di tujuan.

  1. Menyempatkan shalat di mushala bandara

Jangan menunda shalat hanya karena masih ada waktu sebelum waktu shalat berikutnya. Ada baiknya, kamu menyegerakan shalat jika memang ada kesempatan saat menunggu waktu boarding di bandara. Biasanya, lokasi mushala di bandara bisa kamu temukan dengan mudah di dekat tempatmu menunggu penerbangan.

Nah, kalau sedang bepergian dengan teman, tidak akan masalah jika salah satu dari kamu harus bergantian menjaga barang bawaan sementara yang lainnya menjalankan shalat. Ya, sekalipun tempat dudukmu jadi dipakai orang lain saat kamu tinggalkan shalat, tapi kamu enggak meninggalkan waktu shalat.

  1. Bersiap-siap jika terpaksa shalat di perjalanan

Bagi kamu yang berkerudung, akan lebih mudah untuk menyempatkan shalat di perjalanan. Nah, kalau ada kemungkinan melakukan perjalanan dengan durasi yang cukup panjang, sebaiknya gunakan pakaian yang menutup aurat sehingga kamu tidak perlu lagi menggunakan mukena saat shalat di tempat duduk pesawat atau bus. Jadi, sambil bersenang-senang menjelajahi kota, kewajiban kamu tetap bisa dilakukan dengan tepat waktu deh.

  1. Mencari tahu lokasi masjid di dekat lokasi wisata

Kalau berkunjung ke destinasi wisata yang populer, tentu kamu enggak bakal kesulitan cari masjid atau mushala. Namun, kamu pasti iseng cari-cari hidden gems yang belum banyak dikunjungi orang kalau liburan kan? Biasanya, belum familiar dengan lokasi-lokasi tersembunyi seperti itu dan enggak ada panduan yang cukup jelas juga soal lokasi masjid.

Kamu bisa riset dulu soal lokasi masjid terdekat. Kalau memang ada masjid yang ternyata bersejarah, bisa sekalian mampir untuk mengetahui peninggalan bersejarah di masa lalu. Nah, kamu bisa sambil menyempatkan diri shalat dengan tepat waktu juga deh.

  1. Tidak malu bertanya lokasi mushala

Jika memang tidak ada tanda-tanda soal lokasi masjid terdekat, kamu bisa bertanya pada orang di sekitar. Tidak usah canggung untuk bertanya di mana lokasi mushala terdekat. Jika memang lokasinya agak jauh, setidaknya kamu bisa merencanakan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar kamu tetap bisa menyempatkan diri untuk shalat sekaligus berkunjung ke lokasi yang ingin didatangi. Tentu sebaiknya shalat terlebih dahulu agar kamu bisa lebih tenang saat berkeliling tempat wisata.

Jadi, sudah siap dengan perencanaan liburan seperti apa dengan teman-teman? Pastikan sudah menyelipkan waktu shalat di itinerary kamu ya.(AK/R01/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)