Catatan Perlawanan 34 Tahun Intifadah Batu

Gaza, MINA – Tanggal 9 Desember merupakan peringatan ke 34 tahun pecahnya Batu. Intifadah pertama ini meletus pada 9 Desember 1987 silam.

Perlawanan muncul bermula dari peristiwa tanggal 8 Desember 1987, saat penabrakan sebuah truk Israel terhadap mobil yang membawa pekerja di kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza utara, yang membunuh empat warga Palestina dan melukai beberapa lainnya.

Perlawanan Intifadah ini seperti dikutip dari Safa, dimulai di kamp Jabalia setelah insiden tabrakan yang disengaja itu, kemudian menyebar ke semua kota dan kamp Palestina.

Disebut “Intifada Batu” karena batu-batu itu merupakan alat penyerangan dan pertahanan yang digunakan oleh warga Palestina melawan pasukan pendudukan Israel, yang mulai marak di seluruh wilayah Tapi Barat dan Jalur Gaza pada 9 Desember 1987.

Pemuda Palestina pada waktu itu merupakan elemen utama yang berpartisipasi dalam intifada, dan dipimpin dan diarahkan oleh kepemimpinan nasional persatuan revolusi, yang merupakan persatuan dari sekelompok faksi politik Palestina, yang tujuan utamanya adalah untuk mengakhiri Israel. pendudukan dan memperoleh kemerdekaan.

Cara komunikasi dan dukungan yang paling umum antara orang-orang, perlawanan dan orang-orang pemberontakan adalah selebaran dan tulisan di dinding.

Selebaran dibagikan di pintu masuk masjid oleh anak-anak berusia tujuh tahun, atau melelmparkannya dari jendela mobil, sebelum matahari terbit dan lewat di bawah pintu.

Pecahnya Intifadah Batu bertepatan dengan pengumuman syahid Sheikh Ahmed Yassin yang membidani berdirinya Gerakan Perlawanan Islam ().

Hamas mengeluarkan pernyataan pertamanya yang mengungkapkan semua kebijakan dan orientasinya pada 14 Desember 1987, lima hari setelah dimulainya Intifadah Batu.

Cara perlawanan selama Intifada secara bertahap berkembang dari pemogokan, demonstrasi dan lempar batu ke serangan dengan pisau dan senjata api, pembunuhan agen, dan penangkapan serta pembunuhan perwira, tentara, juga pemukim Israel.

Pasukan pendudukan Israel menanggapi Intifadah ini dengan kekerasan, menutup universitas-universitas Palestina, mengusir ratusan aktivis, dan menghancurkan rumah-rumah Palestina.

Jumlah korban Palestina yang gugur di tangan pasukan pendudukan selama Intifada Batu diperkirakan 1.162 orang, termasuk sekitar 241 anak-anak, selain 90.000 terluka, 1228 rumah hancur dan diledakkan, dan 140.000 pohon tumbang dari Palestina. ladang dan ladang.

Pada saat itu, pasukan pendudukan menangkap sekitar 60.000 warga Palestina dari Yerusalem, Tepi Barat dan Jalur Gaza, dan orang-orang Palestina di dalamnya, menurut statistik Pusat Studi Tahanan.

Intifadah berhenti total dengan penandatanganan perjanjian “Oslo” antara pendudukan Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina pada tahun 1993. (T/B04/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.