Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cegah Kerawanan Pangan, Dishanpan Jateng Salurkan Bantuan untuk Ribuan RTM

Zaenal Muttaqin Editor : Widi Kusnadi - Jumat, 2 Agustus 2024 - 17:14 WIB

Jumat, 2 Agustus 2024 - 17:14 WIB

20 Views

Dishanpan Jateng siapkan bahan pangan untuk bantu ribuan rumah tangga miskin (Foto: Zaenal/MINA)

Semarang, MINA – Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Jawa Tengah (Jateng) berkomitmen menyalurkan bantuan pangan kepada warga untuk mencegah potensi kerawanan pangan. Tahun ini, bantuan akan disalurkan kepada 1.100 rumah tangga miskin (RTM).

Kepala Dishanpan Jateng, Dyah Lukisari menjelaskan, sasaran RTM ditentukan berdasarkan berbagai analisis, termasuk kabupaten dengan angka prevalensi ketidakcukupan konsumsi pangan (PoU) yang tinggi.

Selain itu, analisis juga menggunakan peta Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) kategori 1-3 serta data dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Dari parameter tersebut, bantuan akan disalurkan ke 22 desa di delapan kabupaten, yaitu Banjarnegara, Banyumas, Kebumen, Cilacap, Boyolali, Klaten, Magelang, dan Grobogan.

Baca Juga: Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Tinggi Abu Capai 300 Meter

“Diharapkan masyarakat terbantu dalam mengurangi beban pengeluaran untuk pangan dan mampu meningkatkan gizi keluarga RTM agar hidup sehat, aktif, dan produktif,” ujar Dyah pada awak media Jumat (2/8).

Dyah menambahkan, hingga Juli 2024, telah dilakukan empat kali distribusi bantuan. Rencananya, akan ada lima kali distribusi lagi hingga Desember 2024.

Setiap RTM menerima bantuan berupa 1 kilogram telur, 1 kilogram daging ayam, 5 kilogram beras medium, dan 8 sachet susu bubuk. Anggaran untuk bantuan ini berasal dari APBD Pemprov Jateng.

Dyah mengungkapkan, program serupa dilakukan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) di Jawa Tengah, dengan penerima sebanyak 18.567 keluarga penerima manfaat (KPM) di empat kabupaten (Kebumen, Purworejo, Cilacap, dan Banjarnegara) dalam satu kali distribusi.

Baca Juga: Erick Tohir Ancam Sanksi Berat Pengatur Skor di PON Aceh-Sumut

“Sasaran kami adalah daerah yang belum tercover bantuan dari Bapanas RI. Setiap desa ada sebanyak 50 RTM yang menerima bantuan, dan pemberian dilakukan sebulan sekali,” jelas Dyah.

Dyah menyatakan, pada 2025 akan ada program serupa dalam bentuk subsidi harga pangan. Setiap RTM hanya perlu membayar Rp30.000 untuk satu paket bantuan yang berisi 2 kilogram telur, 1 kilogram daging ayam beku, dan 425 gram sarden. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Libur Panjang, Jalur Puncak Macet Parah

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia