Cegah Omicron, Masyarakat diminta Tunda perjalanan ke Luar Negeri

Jakarta, MINA – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat agar menunda perjalanan ke luar negeri jika memang tidak sangat mendesak demi mencegah masuknya varian Omicron ke Indonesia.

“Penting sekali di protokol kesehatan ini nomor satu tidak usah pergi ke luar negeri kalau tidak sangat butuh. Karena sekarang sumber penyakitnya ada di sana dan semua orang yang kembali kita lihat banyak yang terkena. Jadi lindungilah diri kita jangan ke luar negeri,” ujar Menkes Budi dalam konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin (27/12).

Menkes pun berpesan agar masyarakat terus menggunakan masker untuk melindungi diri. Selanjutnya, pemerintah akan semakin memperketat masuknya pelaku perjalanan dari luar negeri.

Budi menyebut, 98 persen kasus Omicron berasal dari orang-orang yang baru bepergian ke luar negeri, dari berbagai negara.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, kasus baru positif Omicron kembali terdeteksi di Indonesia dan kini telah mencapai 46 kasus.

Penyebaran varian Omicron di dunia pun saat ini semakin meluas. Varian ini telah terdeteksi di 115 negara di dunia dengan total kasus telah mencapai lebih dari 184 ribu. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.