China Dominasi Indonesia Open 2024, Empat Wakilnya Juara

Ilustrasi: Pebulu tangkis nomor tunggal China, Shi Yu Qi, memenangkan Indonesia Open 2024 di Istora Senayan Jakarta, Ahad, 9 Juni 2024. (Foto: [email protected])

Jakarta, MINA – Timnas Bulu Tangkis China mendominasi gelar juara Indonesia Open 2024 di Istora Senayan Jakarta dengan menjuarai 4 nomor, sementara nomor ganda putri dijuarai oleh wakil Korea Selatan.

Partai final yang digelar pada Ahad siang (9/6) diawali oleh pertandingan nomor ganda campuran yang mempertemukan dua pasangan senegara, China, yaitu Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dan Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin.

Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin menciptakan sejarah dengan keluar sebagai juara ganda campuran usai mengalahkan seniornya Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dengan dua gim langsung 21-11, 21-14 dalam waktu 32 menit.

Ini merupakan kemenangan pertama untuk pasangan peringkat lima dunia itu di turnamen BWF Super 1000 ini.

Partandingan kedua di nomor ganda putri mempertemukan wakil China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan Baek Ha-na/Lee So-hee dari Korea Selatan.

Pada final nomor ini dijuarai oleh pasangan Baek dan Lee setelah menang dengan dua gim, 21-17 dan 21-13, menaklukkan ranking 1 ganda putri dunia yang sering melakukan kesalahan sendiri.

Hasil ini adalah gelar kedua pasangan Baek/Lee di Indonesia Open.

Pada match ketiga, wakil China Chen Yu Fei melawan unggulan teratas An Se-young dari Korea Selatan dalam final tunggal putri.

Chen menjadi juara tunggal putri setelah menang susah payah dalam tiga gim, 21-14, 14-21 dan 21-18.

Pada partai tunggal putra, Shi Yu Qi asal China melawan Anders Antonsen dari Denmark.

Pada partai ini, Shi Yu Qi menjadi wakil ketiga yang mempersembahkan juara Indonesia Open 2024 bagi China. Dia menang dalam tiga gim dengan skor 21-9, 12-21 dan 21-14.

Di pertandingan penutup pada nomor ganda putra, pasangan China Liang Wei Keng/Wang Chang berjumpa non unggulan asal Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee.

Secara mengejutkan, pasangan Malaysia Man Wei Chong/Kai Wun Tee justru menang di gim pertama. Namun, pasangan China melahap dua gim berikutnya.

Kemenangan Liang Wei Keng/Wang Chang 19-21, 21-16 dan 21-12, menyempurnakan dominasi China dengan menempatkan empat wakilnya di podium juara Indonesia Open 2024.

Sementara itu, tim Tuan Rumah tidak memiliki satu pun wakil di final, setelah satu-satunya wakil Indonesia, Sabar Karyaman Gutama/Muhammad Reza Pahlevi Isfahani kandas di fase semifinal ganda putra. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi