China: Hubungan dengan Rusia Semakin Meningkat Setelah Kunjungan Menlu

Shanghai, MINA – mengatakan pada Sabtu (4/2) bahwa saling percaya politik dengan terus meningkat setelah Wakil Menteri Luar Negeri Ma Zhaoxu mengunjungi negara itu pekan ini, dan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

“China bersedia bekerja dengan Rusia untuk mengimplementasikan kemitraan strategis mereka dan mendorong kemajuan lebih lanjut dalam hubungan merepernyataa Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataannya seperti dikutip CNA.

Menurut pernyataan itu, Ma juga bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Andrey Rudenko dan Sergey Vershinin selama kunjungannya pada (2-3 Februari).

Dalam pertemuan tersebut, ia bertukar pandangan tentang kerja sama bilateral, dan multilateral serta isu-isu internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama.

Baca Juga:  Solidaritas Pro-Palestina, Mahasiswa Perancis Lakukan Aksi Mogok Makan

Pernyataan itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara China dan Amerika Serikat setelah penerbangan balon China di atas wilayah udara AS.

Washington menggambarkannya sebagai balon mata-mata, sementara China mengatakan, itu adalah pesawat yang digunakan untuk keperluan meteorologi sipil dan tujuan ilmiah lainnya.

Ketegangan itu menyebabkan penundaan kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken yang sebelumnya dijadwalkan pada Jumat (3/2) ke China. (T/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.