China Siapkan Bantuan Tambahan 300 Juta Yuan Untuk Banjir Pakistan

Beijing, MINA – Pemerintah China menyiapkan tambahan bantuan 300 juta yuan (sekitar Rp640 miliar lebih) untuk membantu penanganan korban banjir di Pakistan.

Sebelumnya, pekan lalu China telah mengirim pasokan bantuan darurat senilai 100 juta yuan (Rp215 miliar lebih). Demikian dilaporkan Ecns, Ahad (4/9).

China meminta daftar apa yang paling dibutuhkan sesegera mungkin sehingga bantuan China dapat dengan cepat tiba di tangan orang-orang yang membutuhkan, kata Luo Zhaohui, ketua Badan Kerjasama Pembangunan Internasional China (CIDCA).

Luo mengatakan usai menghadiri konferensi melalui tautan video dengan Akhtar Nawaz, Ketua Otoritas Manajemen Bencana Nasional Pakistan (NDMA), Sabtu (3/9).

“Kami benar-benar berempati dengan Pakistan, yang menderita banjir dalam beberapa dekade. Kami juga tidak akan lupa bahwa Pakistan telah menyumbangkan semua tenda daruratnya ke China dalam gempa Wenchuan, yang menewaskan sedikitnya 69.000 orang di Provinsi Sichuan, China Barat Daya pada 2008,” ujarnya.

China juga telah mengirim sekitar 3.000 tenda melalui pesawat militer melalui Jalan Raya Karakoram, lanjutnya.

China bersedia membantu Pakistan dalam pemulihan dan rekonstruksi pascabencana, imbuhnya.

Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengucapkan rasa terima kasih yang tinggi atas paket bantuan China.

“Ini adalah cerminan dari ikatan persahabatan jangka panjang kami yang unik. Dukungan ini akan membantu memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan kepada orang-orang,” cuit Shehbaz.

Menurut Otoritas Manajemen Bencana Nasional Pakistan  (NDMA) Pakistan, banjir telah menewaskan 1.290 orang dan mempengaruhi lebih dari 33 juta warga, merusak lebih dari 1,46 juta rumah penduduk, 243 jembatan dan 5.563 kilometer jalan raya. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)