Cina Kirim Tim Medis ke Sudan Bantu Hadapi Covid-19

Khartoum, MINA Tim Pakar  Medis Kesehatan Covid-19 yang dikirim Peemerintah Cina untuk membantu penanganan Covid-19 di Sudan, tiba di Khartoum, Kamis (28/5) untuk bertugas selama  lebih kurang dua minggu.

Turut hadir menyambut kedatangan tim relawan medis Covid-19 di Bandara Internasional Khartoum, diantaranya Menteri Kesehatan Sudan, Duta Besar Cina untuk Sudan, Perwakilan Kemenlu Sudan dan lain-lain.

Kepala Divisi Dewan Kabinet  Dr. Umar Bashir Manis, menjelaskan dalam pernyataan persnya bahwa kedatangan tim pakar medis Cina ke negara ini adalah bukti persahabatan dan kerjasama yang baik antara kedua negara yang sudah terjalin cukup lama, dalam  menghadapi pandemi Corona.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Dr. Akram Ali Toum, menghargai upaya dan dukungan berkelanjutan yang diberikan oleh Republik Rakyat Tiongkok , di bidang kesehatan negara ini.

Ia menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada  Kementerian Kesehatan Tiongkok dan para tim pakar kesehatan untuk saling membantu  menghadapi pandemic Covid-19 di Sudan.

Dr. Akram Ali Al-Tom mengatakan bahwa epidemi ini masih menyebar di Sudan termasuk angka kematian mencapai angka cukup tinggi tiap harinya, meskipun sudah ada langkah-langkah bersama yang telah diambil untuk mencegah penyebaran terus berkembang.

Menteri Kesehatan mengungkapkan upaya tambahan yang telah dilakukan kementeriannya untuk mengendalikan virus Corona adalah memperluas fasilitas untuk layanan kuratif dan preventif untuk semua pasien dengan berbagai penyakit, termasuk layanan perawatan kesehatan primer lainnya.

Menteri Kesehatan mengatakan, para ahli medis Tiongkok datang pada waktu yang tepat ke Sudan, dengan mengambil manfaat dari pengalaman kumulatif negara itu dalam penanganan Covid-19.

Ia menyatakan terima kasih atastermasuk  dukungan materi maupun non materi  oleh Pemerintah maupun Pengusaha dari Cina kepada Pemerintah Sudan .

Dr. Akram menunjukkan bahwa kunjungan tim medis Cina juga bertujuan untuk  saling berbagi  ide dan visi antara tim ahli  kesehatan dari Cina dan para ilmuwan  kesehatan di Sudan, baik sektor kesehatan, serta perguruan tinggi di bidang medis, dengan mencakup kunjungan  ke beberapa fasilitas kesehatan masyarakat  terutama dalam penanganan Covid-19 di Sudan .

Hingga Kamis pagi (28/5), Kementerian Kesehatan Sudan telah mengumumkan data terkini penyebaran Covid-19 secara nasional di 18 Provinsi , dari hasil Swab Lab  Pada Tanggal 26 Mie 2020) Yang Dipublikasikan Hari ini Kamis 28 Mie 2020, yakni kasus baru 200   orang Positif COVID-19, sedangkan  749  orang dinyatakan sembuh, 195   lainnya wafat, sementara yang dinyatakan positif  Total Secara Nasional 4.346  Orang.(L/B02/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)