Cina Larang Muslim Laksanakan Ibadah Puasa Selama Ramadhan

, 3 Ramadhan 1437/8 Juni 2016 (MINA) – Pihak berwenang memberlakukan larangan menjalankan ibadah puasa bagi siswa, guru, dan pegawai negeri sipil di provinsi barat laut Xinjiang selama bulan suci Ramadhan.

Menurut The Independent yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu, pemerintah telah memerintahkan restoran untuk tetap buka seperti biasa, di barat laut Daerah Otonomi Xinjiang Uygur, di mana umat di sana merupakan 58 persen dari total penduduknya.

Sebuah pemberitahuan pada situs web pemerintah di pusat Kota Xinjiang, Korla, menyatakan bahwa “anggota, kader partai, PNS, pelajar, dan anak-anak tidak boleh berpuasa Ramadhan dan tidak boleh mengambil bagian dalam kegiatan keagamaan … Selama bulan Ramadhan, bisnis makanan dan minuman tidak boleh tutup,” tulis pemberitahuan tersebut.

Meskipun sikap resmi Pemerintah Beijing menjamin kebebasan bagi warga untuk memeluk keyakinannya, Cina terus mengontrol ketat  kelompok-kelompok keagamaan, terutama umat Islam yang minoritas di daerah Hui, Uygur, Kazakhstan, Uzbekistan, Tajikistan, dan Kyrgyz.

Menurut Kantor Berita Xinhua, di Daerah Otonomi Xinjiang Uygur  terdapat bagi sekitar 24.000 masjid, dengan 13 juta Muslim di wilayah itu.

The Khallej Times, mencatat bahwa kelompok-kelompok hak asasi manusia mengecam ketegangan tentang pembatasan agama dan budaya yang diberlakukan pada ras Uighur dan kelompok minoritas Muslim lainnya di daerah yang luas, berbatasan dengan Asia Tengah.

Dilxat Raxit dari Kongres Uighur Dunia, sebuah kelompok politik di pengasingan, mengutuk pembatasan dalam sebuah email yang dikirim Senin, mengatakan bahwa “Cina percaya bahwa iman Islam Uighur mengancam supremasi kepemimpinan Beijing”.

Namun, Kantor Berita Xinhua melaporkan bahwa di wilayah tetangga Uighur, Provinsi Gansu, Biro Urusan Agama setempat telah menjamin kebebasan untuk melaksanakan ibadah puasa ; Selanjutnya, biro Gansu mengirimkan para pejabatnya untuk mengunjungi para pemuka agama dan orang yang menjalankan ibadah puasa  selama bulan Ramadhan. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

China Bans Muslims from Fasting During Ramadan

http://independent.co.uk/news/world/asia/ramadan-2016-china-bans-civil-servants-and-students-from-fasting-in-mainly-muslim-region-a7068481.html

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.